Pendidikan

Purwakarta Terapkan PPDB Sistem Zonasi

Foto Ilustrasi

PURWAKARTAPOST.CO.ID – Tidak hanya Dinas Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang menerapkan zonasi terhadap penerimaan peserta didik baru (PPDB) ditingkat SMK/SMA, sistem tersebut pun akan diterapkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta.

Kebijakan ini merujuk pada Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 yang telah disosialiasikan terlebih dahulu kepada masyarakat.

“Kebijakan zonasi kita ini juga diatur dalam peraturan bupati tentang PPDB,” ujar Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Disdik Kabupaten Purwakarta Kusnandar, kepada awak media, Rabu (20/6/2018).

Ia mengatakan, Pemkab Purwakarta saat ini tengah membuatkan petunjuk teknis (juknis) mengenai PPDB tersebut. Juknis ini merupakan turunan dari Permendikbud baru.

“Kita masih menunggu peraturan bupati itu terbit, mengingkat juknis itu masih dibahas di Bagian Hukum Setda Purwakarta,” ucapnya.

Selain sistem zonasi, peserta didik nantinya juga dapat memilih jalur prestasi, akademik dan jalur afirmasi.

Dengan eempat sistem itu, dia berharap dapat menyerep potensi peserta didik yang berniat daftar ke sekolah tertentu (favorit).

“Kita juga melakukan seleksi agar peserta didik yang telah sesuai ketentuan, layak diterima di sekolah yang dituju,” pungkasnya.

Click to comment

Berita Populer

To Top