Politik

Panwaslu Purwakarta Temukan 3.469 Data Ganda pada DPT Pilkada Serentak 2018

PURWAKARTAPOST.CO.ID – Menyusul adanya temuan data pemilih ganda pada DPT Pilkada Serentak 2018 pada Sistem Data Pemilih (Sidalih) KPU Purwakarta. Panwaslu  mengeluarkan rekomendasi untuk melakukan pencermatan data pemilih ganda pada aplikasi tersebut.

“Rapat pleno sinkronisasi DPT paska penetapan daftar pemilih tetap atas rekomendasi Panwaslu Purwakarta telah digelar. Dengan sebelumnya dilakukan pencermatan melalui penyaringan by name by addres. Didapat sekitar 3.469 data ganda,” ujar Ketua KPU Purwakarta, Ramlan Maulana, dalam keterangan persnya, Jumat (20/4) di Kantor KPU Jalan Flamboyan.

Menurutnya kini, DPT Pilbup Purwakarta dan Pilgub Jabar 2018 telah clear. Hal ini dilakukan untuk upaya akurasi data pemilih.

Pihaknya juga telah koordinasi dengan Disdukcapil, dapat diketahui bahwa masih dimungkinkan adanya pemilih yang masih menggunaka  KTP manual. Dan soal data pemilih di lembaga pemasyarkatan juga ada kemungkinan data ganda dari daerah asal warga binaan tersebut.

“Setelah semua dikordinasikan. Pleno sinkronisasi menetapkan DPT sebanyak 652.796 dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 327.798 dan pemilih perempuan sebanyak 324.998. Sebelum dibersihkan DPT sebanyak 656.265. Dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 329.609, dan pemilih perempuan sebanyak 326.656,” beber Ramlan.

Melalui sambungan selulernya, sebelumnya Ketua Panwaslu Purwakarta, Oyang Este Binos mengungkapkan, karena adanya temuan nama pemilih ganda di Sidalih, Panwaslu mengeluarkan rekomendasi pada KPU agar dilakukan pencermatan dan perubahan.

“Yang ganda dihapus salah satu. Sebab kamarin kan m sudah pleno. Saat pleno kemarin basisnya baru data rekap manual. Kalau sidalih, sudah pake aplikasi. Jadi yang ganda dapat diketahui,” pungkas Binos.

Loading...
www.domainesia.com
Click to comment

Berita Populer

To Top