Purwakarta

Merawat Bonsai Sejak Dini Ala Kang Ayi Kurnia Iskandar Sukmasarakan

Kang Ayi Kurnia Sukmasarakan, saat memperlihatkan tanama bonsai miliknya

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Jika biasanya aktif bergelut di bidang seni dan sastra, kali ini Kang Ayi Kurnia Iskandar tampil dengan deretan tanaman bonsai.

Belakangan ini Kang Ayi aktif mengurus puluhan tanaman bonsai miliknya di kediamannya yang beralamat Kampung Kerajan RT 12 RW 05 Desa/Kecamatan Wanayasa, Purwakarta.

Baginya bonsai sudah ada sejak lama tepatnya tahun 1990 silam. Kala itu ia melihat tanaman bonsai memiliki daya tarik tersendiri. Wajar saja bila dia kembali menghidupkan kecintaannya kepada bonsai lewat koleksi di rumhnya. Menggeluti tanaman bonsai menjadi alternatif di sela kegiatan seni dan sastra di sanggar “Sukmasarakan”.

Menurutnya Purwakarta memiliki potensi untuk menjadi sentra industri bonsai, jika dilihat dari ketersediaan bahannya. Namun demikian di lapangan industri kreatif bonsai mengalami kendala dari segi edukasinya mulai dari pembentukan tanaman bonsai hingga pemeliharaan.

“Kendala terbesar bonsai, pengetahuan tentang bonsai potensi tentang teknis, pemeliharaan dan pembentukan,” paparnya, Rabu (20/3/2019).

Untuk masyarakat awam yang tertarik ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggeluti penanaman bonsai. Diantaranya pemilihan jenia tanaman, spesifik lebih bagus di jenis pikus atau pohon beringin lalu pohon tegalan.

Kang Ayi saat membuat cetakan pot tanaman bonsai

“Agar bagus tergantung jenis pohon, medianya harus bagus, cuaca matahari yang tepat. Lalu pembentukan menggunakan kawat untuk membentuk dahan dan ranting supaya mirip pohon asli di alam bebas,” paparnya.

Menanam bonsai sebagai hobi, menurutnya bonsai adalah hobi sekaligus industri kreatif. Karenanya mesti mendapat perhatian dari pemerintah lewat kegiatan seperti pameran dan kontes bonsai.

Kang Ayi Kurnia sendiri saat ini aktif sebagai anggota Perhimpunan Pecinta Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten Purwakarta.

Click to comment

Berita Populer

To Top