Purwakarta

Festival Buah Manggis Dorong Agrowisata Purwakarta

Buah manggis khas purwakarta

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Dalam waktu dekat ini Bidang Pariwisata Disporaparbud Purwakarta bakal menggelar Festival Buah Manggis 2019. Festival ini akan digelar di Kampung Gandasoli Desa Babakan Kecamatan Wanayasa, Purwakarta pada Sabtu 23 Maret 2019.

Kepala Bidang Pariwisata, Heri Anwar melalui festival diharapkan sektor perkebunan menyumbang kunjungan wisatawan. Di sisi lain lewat festival juga petani manggis terberdayakan.

“Kami tak ingin menyia-nyiakan potensi ekonomi lain dari produk perkebunan tersebut,” ujar Heri, Selasa (19/3/2019).

Dalam festival tersebut, nantinya akan ada bazar beragam jenis produk olahan manggis, pameran dan edukasi cara menanaman manggis, hingga makan Manggis sepuasnya secara cuma-cuma di lokasi.

“Untuk kelancaran kegiatan ini, kami menggandeng Dinas Pangan dan Pertanian setempat. Output-nya, bisa saja kedepan kami akan dorong supaya ada wisata ‘Kebun Manggis Petik sendiri’ di wilayah ini,” tuturnya.

Buah Manggis sendiri menjadi salah satu buah andalan Kabupaten Purwakarta sejak lama tepatnya dari Kecamatan Wanayasa, Bojong, Kiarapedes dan Darangdan.

Data dari Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta mencatat, luas lahan perkebunan Manggis di Purwakarta wilayahnya mencapai 1.500 hektare. Lahan tersebut, tersebar di empat kecamatan tersebut.

Adapun rata-rata produksi buah manggis saat panen raya, sekitar 47 ton per hektare. Hasil panen tersebut, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal, tapi juga hingga mancanegara.

Baca juga :  Tanah Ambles, Jembatan Kereta Api Cisuren Terancam Ambruk
Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top