Kesehatan

36.128 Dari 310.150 Anak Sudah di Imunisasi Difteri

Imunisasi difteri.

PURWAKARTAPOST.CO.ID – Libur sekolah tak mempengaruhi Outbreak Response Immunization (ORI) difteri yang menjadi program Dinas Kesehatan (Dinkes) Purwakarta sebagai respons cepat berkembangnya difteri. Pasalnya, pihak Dinkes sendiri sudah mengantisipasi hal tersebut dengan berkoordinasi dengan sejumlah Puskesmas.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Surveilance dan Imunisasi Dinkes Purwakarta dr. Eva Listya Dewi saat ditemui di ruang kerjanya kepada awak media, Selasa (19/12/2017).

“Sasaran ORI terbagi menjadi tiga kelompok, yakni kelompok usia 1-5 tahun, 5-7 tahun, dan 7-19 tahun. Untuk sasaran dengan rentang usia sekolah saat ini memasuki libur tengah semester. Namun hal itu tak jadi masalah karena akan kita lanjutkan setelah masuk sekolah. Ada pun bagi yang ingin diimunisasi bisa mengunjungi Puskesmas terdekat atau Posyandu yang menggelar ORI. Namun harus dikoordinasikan terlebih dahulu,” ujarnya.

Ia mengatakan, proyeksi ORI di Kabupaten Purwakarta sebanyak 310.150 sasaran dan hingga kini sudah mencapai 11,7 persen atau setara 36.128 anak yang sudah diimunisasi. “Selain sekolah, kami juga menyasar kampus dan yang sudah terlaksana di antaranya di STT Wastukancana. Pasalnya rentang usia 7-19 tahun adalah yang paling banyak,” ujarnya.

Dirinya juga bersyukur sejak dimulainya program ORI hingga saat ini tidak ada penolakan dari warga. “Yang terjadi di lapangan malah yang tadinya menolak sekarang meminta untuk diimunisasi. Ini juga menunjukkan jika kesadaran masyarakat akan pentingnya imunisasi DPT semakin tinggi,” kata Eva.

Dirinya juga mengungkapkan, hingga saat ini di Purwakarta tercatat ada 30 kasus positif difteri, dan 2 kasus suspect. “Saya juga ingin meluruskan jika kasus yang menimpa Rafli (11), warga Desa Maracang, Kecamatan Babakancikao, bukanlah difteri. Kami juga sudah melakukan pemeriksaan kepada seluruh anggota keluarga Rafli, terutama adiknya yang katanya memiliki gejala yang sama, dan hasilnya negatif,” ujarnya.

Ada pun ORI dilaksanakan dalam tiga tahap, yakni putaran pertama pada 11 Desember 2017 sampai 11 Januari 2018, putaran kedua pada 11 Januari 2018 sampai 11 Februari 2018, dan putaran ketiga pada 11 Februari 2018 sampai 11 Juli 2018.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top