Purwakarta

KPU Purwakarta Gelar Verifikasi Faktual Partai Politik

Ketua KPU Purwakarta, Ramlan Maulana.

PURWAKARTAPOST.CO.ID – Jelang Pilkada 2018, KPU Purwakarta mulai gelar verifikasi faktual terhadap Partai Politik. Partai Perindo dan PSI di wilayah setempat telah dinyatakan memenuhi syarat administrasi.

“Untuk PKPI, PBB dan Partai Idaman, kita masih menungggu keputusan Bawaslu RI,” ujar Ketua KPU Purwakarta, Ramlan Maulana, Senin (18/12/2017).

Menurutnya, verifikasi faktual terhadap kepengurusan kantor dan juga keterpenuhan 30 persen perempuan. Untuk Perindo dan PSI. Sebagai rujukan verifikasi faktual di lapangan KPU menggunakan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). “data-data parpol seperti kepengurusan, kantor dan syarat-syarat lain sudah diisikan dan didokumentasikan dalam Sipol,” imbuhnya.

Ia mengatakan, sesuai jadwal verifikasi faktual akan berakhir pada 4 Januari 2018. Kemudian, pada 17 Februari 2018 sudah bisa diumumkan parpol peserta pemilu 2019.

“Setelah domisili, kepengurusan dan kesekretariatan parpol, KPU juga akan memverifikasi keanggotaan parpol tersebut, dengan sistem sampling,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, 12 parpol dinyatakan memenuhi syarat administrasi dan berhak melaju ke tahapan verifikasi faktual. Sebanyak 10 parpol diantaranya adalah parpol peserta Pemilu 2014, dan dua partai baru yakni Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Sementara itu, dua parpol yang dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi yaitu Partai Berkarya dan Partai Garuda. Sembilan parpol yang saat ini masih menunggu penelitian administrasi hasil perbaikan, akan diumumkan pada pekan depan. Kesembilan parpol tersebut mengikuti proses pendaftaran dan verifikasi parpol belakangan, setelah adanya putusan Bawaslu RI.

Baca juga :  Debat Kedua Paslon Pilkada Purwakarta Bakal Lebih Gereget
Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top