Politik

Bawaslu Purwakarta Rekomendasikan 1 TPS Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Ketua Bawaslu purwakarta, ujang abidin saat mengisi diskusi dengan mahasiswa foto: arsip

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purwakarta merekomendasikan KPU untuk melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di 1 TPS yakni TPS 03 Desa Maracang Kecamatan Babakancikao, Purwakarta .

Ketua Bawaslu Purwakarta, Ujang Abidin mengatakan ada 1 TPS dimana 2 orang pemilihnya masing-masinh diberikan 5 surat suara.

“Dalam melakukan pengawasan di TPS, ada indikasi satu TPS yang direkomendasikan oleh Panwas untuk PSU, hal ini karena ada satu TPS yang diduga memasukan dua orang pemilih yang masuk ke dalam DPTB yang harusnya dikasih satu surat suara, ini dikasih lima surat suara,” jelas Ujang Abidin Kamis (18/4/2019) dini hari.

Menurutnya berdasarkan PKPU 9 tentang pungut hitung dan surat edaran dari bawaslu dan KPU RI, apabila masyakat yang pindah memilih dan terdaftar di A4 serta tidak bisa menunjukan A5 kepada petugas KPPS, maka bisa menunjukan KTP elektronik atau identitas lain dan harus dilayani oleh KPPS.

Orang tersebut diberikan surat suara sesuai dengan Dapil dimana ia pindah memilih.

“Sehingga indikasi ini kami merekomendasikan kepada KPU untuk PSU di satu TPS tersebut,” timpal Ketua Bawaslu.

Namun menurutnya terkait proses pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 17 April secara umum berjalan lancar. Proses pengawasan yang dilakukan Bawaslu Purwakarta sampai ke tingkat TPS telah dilakukan dengan maksimal. Hal itu guna menjamin hak masyarakat untuk menentukan pilihan di TPS betul-betul terjamin, serta mengawasi proses dari awal pembukaan TPS sampai ke penghitungan suara.

“Diharapkan masyarakat dan saksi juga ikut terlibat dalam mengawasi prosesnya,” pungkas Ujang Abidin.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top