Ekonomi

Purwakarta Lebih Percaya Diri Lewat Festival Kopi Nusantara 2019

sekda purwakarta, iyus permana saat berbincang dengan pengusaha kopi dari Platos Cafe, Widi apriandi

Purwakarta Post – Kabupaten Purwakarta lebih percaya diri untuk mengenalkan secara luas kopi asli lewat Festival Kopi Nusantara 2019 yang digelar di Jalan KK Singawinata, Sabtu (16/11/2019).

Festival Kopi Nusantara 2019 sendiri merupakan festival yang kedua yang digelar di Purwakarta. Tujuannya yaitu untuk menguatkan rasa bahwa Purwakarta memiliki kopi khas yang layakan dikenalkan kepada masyarakat Nusantara.

Melalui even ini sejumlah pengrajin, pengusaha hingga penikmat kopi bercampur rata dalam sebuah kenikmatan cita rasa kopi. Tidak saja itu Sekretaris Daerah Purwakarta, Iyus Permana mengapresiasi even itu.

“Untuk mengenalkan kopi khas Purwakarta memang perlu terobosan baru, festival kopi salah satunya, dan ternyata jenis kopi di kita cukup banyak,” paparnya.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta sendiri terus mendorong agar kopi khas Purwakarta ini dapat menjadi produk unggulan yang bernilai tinggi. Pasalnya selama ini Purwakarta dikenal sebagai kabupaten penghasil buah Manggis di kancah internasional, sementara kopi belum muncul.

“Kita akan meningkatkan penanaman kopi dengan mengajak warga, sehingga diharapkan kita bisa ekspore ke luar negeri seperti manggis, itu yang menjadi target kita ke depan,” jelasnya.

Lebih penting lagi menurut Iyus, pengrajin dan pengusaha kopi di Purwakarta akan mendapatkan pelatihan yang mendorong standar kualitas kopi melalui Sertifikat Produk Industri Rumah Tangga (PIRT).

“Kalau sudah memiliki sertifikat itu maka produk kita bisa dipasarkan ke toko atau super market, kita juga akan memberikan pelatihan sebagai peningkatan SDM, itu juga menjadi target kita ke depan,” beber Iyus.

Festival Kopi Nusantara 2019 ini diikuti sedikitnya oleh 15 pengrajin dan pengusaha kopi asal Purwakarta. Kedepan Dinas Pariwisata Purwakarta menargetkan adanya penambahan jumlah peserta pada Festival Kopi Nusantara 2020.

Baca juga :  Duh.. 41.648 Orang di Purwakarta Belum Miliki E-KTP
Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top