Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 16 Nov 2017 20:45 WIB ·

Penyakit ISPA Masih Mendominasi Puskesmas Sukatani


 Penyakit ISPA Masih Mendominasi Puskesmas Sukatani Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Jumlah penderita inpeksi saluaran pernafasan akut (Ispa) di Kecamatan Sukatani nampaknya masih jadi penyakit serius.

Hal ini dibuktikan dari sekian banyak pasien yang berkunjung ke Puskesmas di wilayah itu, rata-rata mereka menderita penyakit tersebut.

Dari data yang berhasil di himpun di Puskesmas Sukatani hingga 31 Oktober tahun 2017, jumlah penderita ISPA yang rawat jalan cenderung fluktuatif. Namun, jika ditarik ulur dari awal tahun hingga sekarang maka jumlah penderita sangat banyak.

“Memang rata-rata yang datang itu penyakit Ispa namun dari catatan yang ada di Puskesmas Sukatani jumlah penderita ISPA saat ini ada194 jiwa tentunya menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 223 jiwa,” ujar Kepala Bagian Tata Usaha UPTD Puskesmas Kecamatan Sukatani Apep Sopian.

Ia mengatakan, penyakit Ispa bukanlah perkara baru di wilayah Sukatani. Pasalnya, hampir tiap tahun tren penyakit tersebut masih mendominasi ketimbang penyakit lain dan kerap menyerang warga di usia anak dan balita. Hal ini disebabkan beberapa desa di kecamatan Sukatani di kelilingi perusahaan tambang batu.

“Sebab timbulnya penyakit Ispa dapat di sebabkan beberapa faktor, selain makanan tidak higienis dan cuaca, penyebab lainnya adalah polusi udara,” ujarnya.

Sebagai bentuk upaya penurunan jumlah penderita Ispa, pihak UPTD Puskesmas Sukatani senantiasa memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar lebih aktif menjaga kebersihan. “Selain itu kami juga meminta adanya penyiraman jalan dan penanaman pohon di lingkungan proyek untuk menahan debu agar tidak berdampak buruk bagi warga,” katanya.

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

6 Desain Dapur Modern dan Klasik

21 Juli 2023 - 09:55 WIB

PPJ Purwakarta Dampingi Posyandu Ikut Lomba Tingkat Provinsi

19 Juli 2022 - 13:22 WIB

Thalasemia, Rumah Sakit jadi Rumah Kedua

1 Juli 2022 - 10:29 WIB

Nakes di Purwakarta Lapor ke Kajari Soal Pungutan Jasa Layanan Kesehatan

12 Mei 2022 - 06:44 WIB

7 Hal Sederhana Agar Anak Lebih Bijak Menggunakan Plastik

14 Oktober 2021 - 21:29 WIB

Vaksinasi Covid-19 di Purwakarta Baru Mencapai 36,77 Persen

3 September 2021 - 02:22 WIB

Trending di Kesehatan