Grafis

Cerita Mengerikan Mayor Emang 8 Kali Ditembak Belanda untuk Kemerdekaan, Kamu? (2)

Mayor Emang saat menunjukan surat keanggotaan TRI di kediamannya Kampung Benteng, Desa Benteng RT 03/01, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Purwakarta Post – Mayor Emang melanjutnya ceritanya bagaimana dia berjuang mempertahankan kemerdekaan RI dari Belanda, dia menjadi saksi hidup betapa kemerdekaan sangat mahal.

Setelah selamat dari patroli tentara Belanda di perkebunan karet Kalijati Subang, Mayor Emang bertahan hingga menjelang Magrib. Dia mendapat pertolongan dari seorang mantan pegawai kakeknya yakni, Main. Mayor Emang kemudian dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Dengan 8 luka tembak dan tusukan, Mayor Emang tidak sadarkan diri selama 40 hari. Selama masa itu dia kerap kali mengigau dalam bahasa Belanda. Bahasa yang sama sekali dia tidak sukai. Tidak saja mengigau dengan bahasa Belanda saat tersadar Mayor Emang juga lebih ingin makan roti ketimbang beras atau singkong.

baca juga: Cerita Mengerikan Mayor Emang 8 Kali Ditembak Belanda untuk Kemerdekaan, Kamu? (1)

8 luka peluru yang bersarang di tubuhnya membuat Mayor Emang harus pensiun dini di usia 25 atau hanya bertugas 5 tahun sebagai TRI.

Kenaikan Pangkat dari Presiden Soekarno

Hampir seluruh tentara yang mengalami cacat seumur hidup atau pensiun dini mendapatkan kenaikan pangkat sebanyak 3 kali di atasnya.

Presiden Soekarno langsung yang memberikan kenaikan pangkat kepada seluruh anggota TRI yang cacat dan pensiun dini.

“Jadi, abah pensiun dengan pangkat sersan mayor (Serma), waktu itu diberikan oleh presiden soekarno,” tutur Mayor Emang di kediamannya Kampung Benteng, Desa Benteng RT 03/01, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (16/8/2019).

Kini ia tinggal bersama sang isteri sebagai seorang petani dengan lima anaknya. Mayor Emang menceritakan bagaimana anak-anak muda jaman dahulu lebih cinta tanah air.

“Dulu kalau cinta negara ini suka ditanya mau jadi Belanda atau Indonesia,semua anak muda kompak kita Indonesia siap berjuang,” pungkasnya.

Baca juga :  8.000 Lebih Relawan Timsus 19 01 Juara Siap Menangkan Jokowi-Maruf di Purwakarta
Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top