Purwakarta

Di Purwakarta Pembangunan TPPS Permanen Terkendala Lahan

pengendara saat melintasi tpss di salah satu sudut kota purwakarta

Purwakarta PostBupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengaku pembangunan tempat pembuangan sampah sementara (TPSS) permanen terkendala lahan.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta berniat membenahi TPSS yang saat ini ada menjadi permanen dan berdaya tampung besar.

Pasalnya selama ini TPSS yang tersedia di sejumlah sudut jalan perkotaan kapasitasnya sangat kecil dan sulit diakses kendaraan pengangkut sampah.

Untuk membenahi itu Pemkab Purwakarta berencana membangun TPSS permanen yang memiliki kapasitas besar. Namun niatan itu terkendala dengan tidak adanya lahan untuk TPPS permanen.

“Selama ini kan TPSSnya itu tidak refresentatif hanya pada bentuk kotak, daya tampungnya terbatas, harusnya TPSS dibuat permanen. Tetapi kendalanya lahan yang terbatas,” ujar Anne di komplek Pemkab Purwakarta, Jumat (14/6/2019).

Meski terkendala lahan pastinya Bupati Purwakarta akan tetap membangun di beberapa titik melalui rekayasa lokasi TPSS permanen. Sedangkan untuk TPSS yang ada namun tidak dapat dijangkau kendaraan sampah maka akan dipindahkan.

“Tempatnya yang bisa diangkut langsung oleh kendaraan truk sampah, sehingga perlu ada rekayasa tempat yang tepat, tetapi secara bertahap, di beberapa titik akan kita bangun, ” kata Anne.

Hal yang sama disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH), Deden Guntari yang mengaku kesulitan lahan untuk pembangunan TPSS permanen baru.

Tapi menurutnya yang lebih penting ialah aksesibilitas TPSS saat dijangkau petugas pengangkut sampah maupun petugas kebersihan.

“Yang terpenting aksesnya bisa dijangkau petugas, tetapi kita terus lakukan rekayasa tempat, termasuk bentuk tempatnya yang unik dan variasi mudah – mudahan di anggaran perubahan sudah bisa berjalan,” papar Deden.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top