Purwakarta

DPT Ganda, KPU Purwakarta Angkat Bicara

Ketua kpu purwakarta, ramlan maulana

PURWAKARTAPOST.CO ID – KPU Purwakarta angkat bicara akar masalah adanya ribuan daftar pemilih ganda pada daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

Setelah sebelumnya Bawaslu setempat merekomendasikan KPU untuk menghapus data tersebut.

KPU menyebut, tidak diperbaharuinya Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) dianggap jadi akar permasalahan data pemilih ganda.

“Munculnya pemilih ganda, kami asumsikan lebih kepada update data DP4 oleh pihak terkait yang tidak maksimal secara keseluruhan,” kata Ketua KPU Purwakarta,  Ramlan Maulana, Jumat (14/9/2018).

Menurutnya, KPU mendapat data pemilih ganda dari rekomendasi Bawaslu Kabupaten Purwakarta. Setelah dicermati bersama, Bawaslu mendapati sebanyak 1.036 data pemilih yang bermasalah.

Dari jumlah tersebut, tercatat pemilih ganda laki-laki sebanyak 246 pemilih, dan perempuan sebanyak 250 pemilih. Sehingga, totalnya ada 496 pemilih ganda.

“Dengan begitu Daftar Pemilih Tetap Hasil Pencermatan (DPTHP) pada Pemilu 2019 di Kabupaten Purwakarta berjumlah 666.476,” ucapnya.

Jumlah 666.476 tersebut, terdiri dari 334.769 pemilih laki-laki dan 331.707 pemilih perempuan.

“Hasil itu telah melalui pencermatan data pemilih ganda dan telah disepakati melalui rapat pleno, dalam bentuk DPTHP,” ujar dia.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top