Menu

Mode Gelap

Purwakarta · 13 Des 2018 22:38 WIB ·

Tiga Pilar Berantas Peredaran Narkoba Di Purwakarta


 Tiga Pilar Berantas Peredaran Narkoba Di Purwakarta Perbesar

PURWAKARTA – Pemda Purwakarta menggelar acara Pengembangan Kapasitas dan Sinergitas 3 Pilar, di Aula Janaka lingkungkan Pemkab Purwakarta, Kamis (13/12/2018).

Acara ini bekerjasama dengan Polres Purwakarta dan dihadiri oleh Babinkamtimbas, Babinsa dan Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Purwakarta.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, acara ini adalah langkah yang luar biasa, sekaligus penegasan komitmen tiga pilar untuk bersama memberantas narkoba.

Penanganan kasus peredaran narkoba harus harus betul-betul serius dan waspada. Di Purwakarta sendiri telah ada desa bersih dari narkoba (bersinar) sebagai bentuk pencegahan barang haram tersebut.

“Di Purwakarta baru ada empat desa bersinar dan di tahun 2019 akan lebih ditingkatkan lagi, termasuk untuk rehabilitasi perlu juga ditingkatkan lagi. Apalagi dari 20 puskesmas saat ini baru ada satu puskesmas yang bisa menangani rehabilitasi narkoba,” ujar Bupati yang akrab di sapa Ambu itu.

Ia menargetkan pada tahun depan harus mencangkup seluruh wilayah, minimal puskesmas bisa menjadi tempat rujukan tempat rehabilitasi.

Selain itu, Ambu menyebut tidak sedikit perkaraya memerlukan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK). Seharusnya kata dia, ada pembentukan BNNK karena banyak kasus dan luasnya penyebaran narkoba di Purwakarta ini. Namun jika mandiri akan cukup sulit.

“Untuk mandiri akan cukup sulit, tapi jika banyak yang berkomitmen untuk mengurangi hingga menghilangkan penyebaran narkoba ini harus serius penangananya, harus ada lembaga,” kata Ambu.

Menurutnya, 60 persen pengguna narkoba berawal dari generasi muda yang coba-coba. Oleh karena itu mulai dari pengenalan bahaya narkoba hingga tingkat paling tingginya harus bisa masuk kepada kurikulum pendidikan.

“Tahun depan bagi para ASN harus ada tes urine, minimal satu tahun dua kali untuk mendeteksi awal pencegahan, bebas dari narkoba,” ujar Ambu.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Jelang Arus Mudik Lebaran 2024, PLN Purwakarta Siapkan 8 SPKLU di Tol Cipularang dan Cipali

27 Maret 2024 - 17:25 WIB

KWT Purwakarta Bagikan Takjil Sayuran Segar Kepada Warga

26 Maret 2024 - 21:09 WIB

Dedi Mulyadi Puji Kualitas Pelayanan PLN Purwakarta

25 Maret 2024 - 21:28 WIB

RAPIM Purwakarta Syukuran Kemenangan Prabowo-Gibran

20 Maret 2024 - 18:52 WIB

Tradisi Ekstrim, Ngabuburit di Perlintasan KA Plered Purwakarta

17 Maret 2024 - 22:01 WIB

Cetak Santripreneur, Ponpes Miftahul Huda Alburhany, Plered Purwakarta Sukses Membuat Furniture

17 Maret 2024 - 00:15 WIB

Trending di Purwakarta