Purwakarta

Warga Kecamatan Wanayasa Protes Kartu ATM BPNT Diambil Pendamping PKH

kartu atm kombo bpnt. foto: Merdeka.com

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Sejumlah orang keluarga penerima manfaat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta mengeluh lantaran kartu ATM kombo diambil alih oleh pendamping PKH.

Sejumlah orang yang merupakan keluarga penerima manfaat mengeluhkan tindakan penyalahgunaan pengelolaan kartu ATM kombo yang semestinya dipegang oleh keluarga penerima manfaat.

Warga KPM di Kecamatan Wanayasa bahkan tidak mengetahui seperti apa kartu ATM-nya termasuk nomor PIN-nya.

Badan Permusyawaratan Desa Taringgul Tonggoh, Asep Faturohman mengatakan keluhan warga KPM tersebut disampaikan kepada pemerintahan desa. Karenannya dia pun meminta agar pihak terkait dan penegak hukum turut mengawal langsung dalam permasalahan tersebut.

Menurutnya sesuai dengan Pedoman Umum BPNT disebutkan bahwa pengelolaan kartu ATM kombo dipegang langsung oleh keluarga penerima manfaat.

“Aturannya kan ATM itu dipegang oleh warga penerima manfaat bukan disita oleh PKH, ini menyalahi aturan,” tutur Asep, Senin (13/5/2019).

Di Kecamatan Wanayasa sendiri jumlah warga penerima manfaat BPNT berjumlah sebanyak 2.983 orang. Setiap bulannya warga tersebut menerima bantuan sosial dalam bentuk uang sebesar Rp110.000 yang ditransfer pemerintah pusat ke masing-masing rekening warga penerima manfaat.

Jika dihitung secara total pemerintah menyalurkan bantuan sebesar Rp328,1 juta setiap bulannya di Kecamatan Wanayasa. Bantuan tersebut dimanfaatkan untuk pembelian beras atau telur yang dilakukan langsung oleh warga penerima manfaat.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top