Purwakarta

Pemilihan Ketua RW Di Kelurahan Cisereuh Datangi Rumah Warga

Pantia pelaksana pemilihan ketua rw o7 kelurahan ciseureuh kabupaten purwakarta saat menggitung surat suara, di Masjid Al Muhibbah

PURWAKARTAPOST.CO.ID – Ada hal unik dalam pemilihan ketua RW 07 Kelurahan Ciseureuh, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta. Panitia pelaksana pemilihan RW menerapkan sistem jemput bola untuk memperoleh suara. Jemput bola ini diyakini akan memaksimalkan partisipasi warga dalam menggunakan hak suaranya.

Hasilnya, dari 1.180 warga yang memiliki hak suara ada 913 warga yang menggunakan suaranya, di mana sebanyak 904 surat suara sah dan 9 suara tidak sah. Artinya, partisipasi warga nyaris mencapai 80 persen.

Sementara sisanya, sebanyak 267 surat suara tidak digunakan dengan alasan ada yang abstain atau tidak mencoblos, mau pun tidak berada di rumah saat didatangi panitia pencoblosan.

Ketua Panitia Pemilihan Ketua RW 07 Ciseureuh Agus Saputra mengatakan, rekapitulasi perhitungan suara langsung dilakukan setelah seluruh kotak suara terkumpul.

“Ada pun proses rekapitulasi dilaksanakan di Masjid Al Muhibbah RW 07 Ciseureuh, dilaksanakan secara transparan dan disaksikan warga,” ujarnya kepad awak media, Minggu (13/1/2019).

Dari hasil perhitungan, sambungnya, didapat calon nomor 1 Sumardi memperoleh 279 suara, calon nomor 2 Asep Wahyudin mendapatkan 507 suara, dan calon nomor urut 3 Feri hanya 118 suara.

“Sesuai dengan perolehan suara terbanyak, Sdr. Asep Wahyudin dinyatakan secara sah terpilih sebagai Ketua RW 07 Kelurahan Ciseureuh, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta dan langsung dilantik oleh Lurah Ciseureuh,” kata Agus.

Senada diucapkan Sekretaris Panitia Pemilihan Ketua RW 07 Ciseureuh, Atik Sakron SH. Dirinya yang juga tercatat sebagai salah seorang panelis pada saat fit and proper test mengatakan, proses pemilihan Ketua RW ini merupakan cerminan semangat demokrasi warga.

“Kita laksanakan semua tahapan. Mulai dari sosialisasi, pembentukan panitia, pendaftaran calon, penyampaian visi misi, fit and proper test, mencetak kartu suara, termasuk pengumpulan DPT dari seluruh RT 01-08, hingga tahapan kampanye,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Ciseureuh Suhardiman S.Sos mengucapkan selamat kepada Ketua RW terpilih. “Tetap utamakan kebersihan lingkungan dan kerukunan warga. Dan semoga RW 07 bisa lebih maju dan berkembang,” kata Suhardiman.

Dirinya juga mengapresiasi panitia yang telah menjalankan proses pemilihan dengan baik. “Ini menjadi pembelajaran positif bagi warga. Terlebih 2019 ini akan digelar Pilpres dan Pileg,” ujarnya.

Ditemui usai proses penghitungan suara, Ketua RW 07 terpilih Asep Wahyudin menyampaikan rasa terimakasihnya. “Saya juga mohon dukungan semua pihak, termasuk Pak Sumardi dan Pak Feri, untuk memajukan kesejahteraan warga RW 07 Ciseureuh ini,” kata Asep.

Ada pun langkah selanjutnya, sambung Asep, adalah membentuk struktur pengurus dan karang taruna. “Komitmen saya, segala sesuatunya tak akan lepas dari musyawarah,” ujarnya.

Proses pemilihan Ketua RW 07 ini juga ternyata menarik perhatian Wakil Ketua DPRD Purwakarta Warseno. Dirinya menyempatkan hadir melihat proses penghitungan suara.

“Proses pemilihan Ketua RW 07 ini terbilang luar biasa karena benar-benar menjalankan proses demokrasi yang baik. Calonnya pun ada tiga orang. Dipilih langsung oleh warga dengan cara panitia yang jemput bola, door to door ke rumah warga,” ucapnya.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top