Produk

3 Menit Cara Membuat Kopi Tubruk Sendiri, Lebih Nikmat dan Mudah

image: MLDSPOT

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Terkadang banyak orang awam dalam dunia pengolahan dan penyajian kopi cara membuat kopi tubruk itu terkesan sulit. Pasalnya dengan istilah “Kopi Tubruk” seseorang bisa saja mengira ada cara khusus untuk menyajikannya atau ada alat khusus untuk membuatnya. Padahal sebenarnya cara membuat kopi tubruk itu kopi yang biasa pada umumnya, yaitu ada bubuk kopi+gula dan air panas yang disajikan langsung atau “tubruk”.

Istilah kopi tubruk pada dasarnya diambil dari cara penyajiannya yaitu ditubruk, kopi di masukan dalam gelas disertai gula lalu dituangi air panas. Seolah-olah kopinya ditubrukan di atas gelas lalu ditubruk dengan air panas, maka dari situlah istilah kopi tubruk muncul.

Yang membedakan kopi tubruk yang disajikan sederhana dengan kopi tubruk yang banyak disajikan di kedai kopi adalah, adanya pemisahan antara kopi dan gula. Di kedai-kedai kopi umumnya kopi tubruk disajikan secara terpisah dengan gula, dengan alasan agar aroma khas kopi yang diseduh air panas akan tercium kuat. Sementara cara membuat kopi tubruk yang biasa orang buat di rumah atau tempat kerja, kopi diseduh bersamaan dengan gula saat penyajian.

Persiapan & Cara Membuat Kopi Tubruk Sendiri

Air Panas

Saat akan membuat kopi tubruk sendiri hal penting yang harus ada ialah air panas. Air panas berfungsi untuk melarutkan kadar sari kopi yang terdapat dalam bubuk kopi. Karenanya penting sekali diperhatikan untuk menggunakan air panas dengan derajat kepanasan yang tepat.

Untuk cara membuat kopi tubruk terbaik sangat disarankan untuk menggunakan air panas dengan tingkat kepanasan 90 derajat celsius. Atau mudahnya ialah masak air hingga mendidih lalu diamkan selama 1,5-2 menit sebelum dituangkan di dalam kopi.

Kopi Bubuk

Ada baiknya untuk meningkatkan aroma kuat kopi maka disarankan untuk memilih bubuk kopi yang segar, yaitu dengan digiling langsung sebelum disajikan. Kopi yang akan disajikan disarankan adalah yang baru disangrai sebelum penyajian, jangan memilih kopi yang sudah lama disangrai.

Setelah selesai disangrai usahakan kopi langsung digiling, semakin halus kopi yang digiling akan semakin baik mengeluarkan aroma kuat kopinya. Jika kopi yang digiling terlalu tebal maka dikhawatirkan aroma kopi akan sulit keluar saat diseduh dengan air panas.

Alat Seduh

Alat seduh bisa dipilih dari bahan yang sederhana dan itu ada di rumah, mulai dari teko untuk memasak air panas, sendok hingga gelas.

Komposisi Seduh

Komposisi seduh ini penting untuk menciptakan keseimbangan antara rasa dan aroma kopi. Misalnya saja kalau kalian membuat kopi tapi terlalu banyak air maka akan seperti apa rasanya?, begitupun sebalikny saat kalian membuat kopi tapi airnya telalu sedikit akan bagaimana rasanya.

Nah komposisi seduh ini memiliki peranan penting untuk menyeimbangkan rasa dan aroma yang ada dalam kopi. Saran yang sangat dianjurkan adalah komposisi 1/15, yaitu 1 kopi dan 15 air. Misalnya kalian akan menyeduh seberat 20 gram kopi maka air yang dibutuhkan adalah 300 mililiter air panas.

Waktu Seduh

Waktu terbaik bukan artian jam berapa paling bagus bikin kopi?, tapi lebih kepada tenggat waktu saat kopi diseduh hingga disajikan di atas meja. Waktu terbaik dari antara penyeduhan hingga penyajian adalah 4 menit. Waktu tersebut dibagi kedalam tiga tahapan yaitu, tahapan pembasahan kopi dan tahapan pengadukan kopi dan tahapan pengendapan bubuk kopi.

Urutannya adalah sebagai berikut yaitu, 30 detik pertama usahakan kopi dibasahi dengan air panas secukupnya (pre-heating). Ini bertujuan agar bubuk kopi akan lebih dulu panas dan nantinya mudah untuk mengeluarkan aroma khasnya. Lalu tahapan pengadukan, setelah pre-heating selanjutnya menuangkan seluruh air panas sesuai takaran lalu mengaduknya. Setelah tahapan tersebut selesai dilanjutkan dengan tahapan mendiamkan kopi hingga bubuknya turun atau ampasnya turun kalau kata orang awam bilang, sehingga pada saat penyajian kopi tubruk sudah siap hidang. Selamat mencoba cara membuat kopi tubruk sahabat!.

Click to comment

Berita Populer

To Top