Produk

Ini Cara Buat Kaldu Bubuk Non MSG Sendiri, Dijamin Lebih Sehat untuk Tubuh

kaldu bubuk alami

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Setiap hari ada banyak makanan yang menggunakan kaldu bubuk untuk melezatkan masakan, umumnya kaldu tersebut mengandung perasa sintetis yakni Monosodium Glutamate atau akrab dengan MSG. Tapi tahukah kamu jika terlalu banyak mengkonsumsi MSG yang terdapat dalam kaldu kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Karenanya pada tulisan kali ini tim redaksi akan membahas bagaimana cara membuat kaldu bubuk non MSG yang jika dikonsumsi dengan dosis tepat akan menambah selera makan dan tentunya sehat untuk tubuh.

Kaldu bubuk non MSG yang akan dibuat tentunya akan jauh lebih sehat dan alami, ini seiring dengan kebutuhan masyarakat yang ingin hidup lebih sehat dengan mengkonsumsi makanan alami. Resep cara membuat kaldu bubuk non MSG kali ini menggunakan bahan dasar sayuran segar.

Memilih jenis sayuran untuk bahan kaldu bubuk, beberapa sayuran seperti wortel, seledri, bawang bombay, bawang putih, tomat, daun bawang, jamur, atau daun basil. Sayuran tersebut dapat dijadikan bahan dasar pembuatan kaldu bubuk non MSG.

Bahan yang diperlukan sebelum membuat kaldu bubuk yaitu siapkan sedikitnya garam dapur 20% dari berat sayuran yang dijadikan bahan kaldu bubuk. Misalnya bahan sayuran yang akan dijadikan kaldu bubuk ada Wortel dengan berat 500 gram, maka garam yang harus dicapurkan sebanyak 100 gram.

Garam sendiri berfungsi sebagai penambah rasa pada kaldu bubuk nantinya dan juga sebagai bahwan pengawet alami yang terdapat dalam garam. Pasalnya penggunaan garam dapat menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri pada bahak kaldu bubuk yang akan dibuat.

Cara pembuatan kaldu bubuk, potong sayuran yang telah dicuci yang nantinya akan dijadikan bahan kaldu bubuk. Potongan sayuran tersebut dimasak dalam air ditambah dengan garam sebanyak 20 persen dari berat sayur.

Masak dengan api kecil selama kurang lebih 2 jam sambil terus diaduk-aduk agar sayur yang dimasak nantinya tidak lengket. Pengadukan bahan sayur untuk kaldu bubuk juga penting dilakukan selama pemasakan untuk menghindari bahan kaldu bubuk sayur menjadi gosong.

Saat proses pemasakan kandungan air yang terdapat dalam sayuran yang dimasak akan keluar secara alami. Kandungan air sayuran yang khas tersebut nanti akan diserap langsung oleh garam yang telah dicampur di awal pembuatan masakan kaldu bubuk sayuran.

Setelah air masakan mengering, lalu matikan api dan menuangkan seluruh ini sayuran di atas loyang yang sudah dilapisi dengan kertas roti. Kertas roti ini penting untuk memastikan bahwa kadar air dalam masakan bahan kaldu bubuk berkurang maksimal.

Panggang sayuran, selanjutnya ialah memanggang hasil sayuran yang telah di masak ke dalam oven dengan suhu 150 derajat celsius selama 1 jam 15 menit. Panggang sayuran yang telah dimasak hingga benar-benar kering, jangan sampai gosong. Selanjutnya dinginkan sayuran yang telah dioven tersebut dengan cara disimpan di lemari yang memiliki udara baik. Dimkan hingga benar-benar dingin.

Haluskan sayur, haluskan sayur bahan kaldu bubuk dengan menggunakan food processor hingga sayur yang telah dipanggang tadi benar-benar menjadi bubuk halus.

Simpan dalam wadah kedap udara, setelah sayuran telah menjadi bubuk kalian bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara yang tidak lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung. Kaldu bubuk ini bisa disimpan hingga tiga bulan lamanya.

Nah begitulah proses cara membuat kaldu bubuk non MSG sendiri yang tentunya lebih sehat untuk tubuh. Tapi jika kalian tidak ingin repot membuatnya, kalian bisa membeli kaldu bubuk non MSG dari bahan jamur di Lemonilo.

Click to comment

Berita Populer

To Top