Purwakarta

Bidang Kepemudaan: Butuh Suport Semua Pihak agar Pemuda dapat Berdaya

Kelompok pemuda desa wanawali saat bersama kabid kepemudaan disporaparbud purwakrta

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Kepala Bidang Kepemudaan Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Ahmad Arif Imamulhaq mendorong agar semua pihak turut andi memberikan suport agar pemuda dapat kreatif dan berdaya.

Menurutnya proses pemberdayaan pemuda membutuhkan dukungan yang berkesinambungan dan berjenjang. Yaitu melalui skema kemitraan usaha produktif dan kreatif lewat tangan-tangan anak muda di Purwakarta.

“Pembangunan kepemudaan tidak mungkin hanya diurus oleh satu institusi saja. Perlu kolaborasi dan sinergitas program semua elemen pemerintahan maupun masyarakat,” papar Ahmad Arif saat mengunjungi kelompok usaha pemuda di Desa Wanawali, Cibatu, Jumat (8/2/2019).

“Saya melihat potensi kreatif dan inovatif para pemuda Purwakarta sangat luar biasa. Seperti di Desa Wanawali ini, mereka berusaha mengembangkan peternakan ayam kampung petelur dan pembibitan cabai rawit. Dan, mereka sudah mampu membangun usaha tersebut secara kelompok selama lebih dua tahun, sejak 2016,” paparnya.

Selain suport semua pihak, pemberdayaan pemuda juga memerlukan dukungan regulasi dari tingkat kabupaten hingga desa. Pasalnya regulasi tersebut menjadi acuan untuk pemuda melakukan kerjasama dengan lembaga atau perusahaan.

“Ini baru satu desa, satu lokasi saja. Belum lagi jika kita mau turun ke setiap desa atau kampung di seluruh kabupaten. Kami berharap dapat segera menyusun regulasi agar setiap potensi generasi muda benar-benar dapat difasilitasi secara terencana, terstruktur dan berkelanjutan,” tandasnya.

Dasep Saepul Akbar mantan pemuda Pelopor Purwakarta 2018 yang juga pemuda Desa Wanawali sangat berterima kasih atas kunjungan Kabid Kepemudaan.

“Kami sangat bersyukur dan tentu sangat senang dengan kunjungan Kabid Kepemudaan, melihat secara langsung dan mendengarkan apa saja yang sedang kami usahakan disini. Kami juga sampaikan kendala yang dihadapi. Dan, besar harapan pemerintah daerah dapat lebih pro aktif dalam membantu para pemuda mengembangkan potensinya,” tuturnya.

Click to comment

Berita Populer

To Top