News

200 Kiyai Muda Jabar Ikuti Dirosah Wustho di Ponpes Cipulus Purwakarta

PURWAKARRAPOST.CO.ID-Sedikitnya 200 kiyai muda se Jawa Barat mengikuti program Dirosah Wustho di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah Cipulus Purwakarta sejak 9-11 Februari 2018.

Dirosah Wustho merupakan salah satu program kaderisas Rijalul Ansor Pengurus Wilayah GP Ansor, Jawa Barat.

Ketua Rijalul Ansor PW GP Ansor Jabar, KH Anwar Nasihin mengatakan Dirosah Wustho adalah bagian penting pendidikan keilmuan kiyai muda.

“Tujuannya untuk menciptakan kyai muda yang handal dalam menyampikan dakwah Aswaja kepada umat, demi menciptakan perdamaian Indonesia yang Baldatun Thayyibatun Warabbun Ghafur,” papar KH Anwar, di Cipulus, Sabtu (10/2/2018).

PW GP Ansor Jawa Barat sendiri merasa prihatin dengan kondisi umat saat ini. Pasalnya banyak berkembang ustad-ustad yang tidak memiliki keilmuan yang mumpuni salah menyampaikan dakwah.

Karenannya penting bagi GP Ansor untuk menggelar kegiatan yang menunjang jenjang pendidikan dan keilmuan ustad melalui Dirosah Wustho ini. Durosah Wustho menjadi jembatan sanad keilmuan kiyai muda di Jawa Barat.

“Karena keprihatinan kami selaku pengurus Rijalul Ansor Jawa Barat, hari ini banyak berkembang ustad-ustad yang hanya¬† gampang berbicara ke-Islaman tetapi dia tidk paham keilmuan yang sesungguhnya,” jelasnya.

Lebih khawatir lagi bila peran dakwah ustad dimanfaatkan untuk mencela orang dan kelompok lain. Padaha keilmuan ustad semacam itu bisa saja hanya diperoleh dari internet.

“arena banyak ustadz jadi-jadian yang tidak punya background pendidikan pesantren dan sanad yang jelas. Dia hanya bermodalkan materi dakwah browsing di internet, akhirnya dalam berdakwah gampang menjustifikasi kyai lain salah karena dianggap berbeda,” paparnya.

Selain Dirosah wustho pada kegiatan yang sama PW GP Ansor Jabar juga menggelar Diklatsar Banser. 1000 kader Banser turut serta dalam kegiatan ini.

“Semntara Diklatsar Banser di ikuti 1000 peserta. Tujuannya mencetak kader yang kuat dan militan serta menciptakan Banser yang siap menjaga bangsa dan ulama,” pungkas Kiayi Anwar.

Click to comment

Berita Populer

To Top