Purwakarta

Payung Hukum Pertamini Belum Jelas, Diskoperindag Minta Pemkab Tebitkan Perda

Foto pertamini

PURWAKARTAPOST.CO.ID – Selama ini keberadaan Pertamini di Kabuapten Purwakarta belum mengantongi ijin. Namun penjual bensin eceran menggunakan mesin tersebut semakin menjamur. Untuk itu Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Purwakarta meminta Pemkab setempat segera menetapkan peraturan daerah (Perda) mengenai Pertamini tersebut.

“Hingga saat ini para pelaku usaha Pertamini belum mengantongi ijin ataupun payung hukum,” tegas Kadiskoperindag Purwakarta, Entis Sutisna, kepada awak media, Kamis (10/1/2019).

Pihaknya berharap Pemda Purwakarta segera membuat sekaligus menetapkan Perda mengenai Pertamini. Perda tersebut nanti akan menjadi dasar menyentuh dan menindak setiap pemilik Pertamini.

Selama ini Diskoperindag hanya sebatas memberikan sosialisasi terhadap mereka untuk selalu waspada. Sebab menurutnya standarisasi keaman Pertamini belum teruji. Untuk itu Entis juga meminta para anggota DPRD untuk segera menindak lanjuti standarisasi atau aturan bagi para pelaku usaha Pertamini di Purwakarta.

“Jika diteliti, potensi terjadinya kebakaran sangatlah besar. Bayangkan saja, mesin pompa yang dipakai hanya mesin pompa biasa yang tidak memiliki fasilitas otomatis menutup aliran bahan bakar dari dalam tangki ketika terjadinya kebakaran,” ucap Entis.

Dengan demikian, dirinya menilai peraturan mengenai Pertamini tersebut merupakan hal yang butuh perhatian serius. Baik itu dari Pemda maupun Anggota DPRD Purwakarta. Entis khawatir jika terus dibiarkan suatu saat akan terjadi hal buruk menimpa para pelaku usaha Pertamini tersebut.

“Kami juga belum memiliki data berapa jumlah Pertamini di Purwakarta, apalagi para pelaku usaha juga tidak pernah ada satu pun berkoodinasi dengan kami,” ujarnya.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top