Teknologi

Aplikasi Google Play Book, untuk Kamu yang Gemar Membaca

google play store

Purwakarta Post – Beberapa waktu lalu Google telah meluncurkan sebuah Play Books sebagai toko buku audio. Kini Google baru saja memberikan pengumuman tentang pembaruan untuk Play Books. Pembaruan ini memungkinkan para pengguna bisa menggunakan bookmark di buku audio. Jadi, para pengguna akan mudah untuk melanjutkan membaca di lain waktu.

Google Playbooks merupakan sebuah aplikasi yang berguna untuk membaca buku dan aplikasi ini terintergrasi dengan Playstore. Genre Buku yang ada didalam Playstore ini juga beragam. Misalnya ada Buku anak – anak, komputer dan teknologi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Anda dapat menggunakan Google Play Books untuk mendownload, membaca, dan mendengarkan e-book serta buku audio. Anda dapat menggunakan Play Books di lebih dari satu perangkat. Anda juga dapat mendengarkan buku audio yang ada di Beranda Google melalui Asisten Google.
Selain itu, diketahui aplikasi Google Play Books ini juga menghadirkan fitur Smart Resume yang memungkinkan para pengguna melanjutkan buku dari kalimat yang dijeda sebelumnya. Tak luput juga, perusahaan ini juga turut menghadirkan fitur Family Library. Dengan fitur tersebut, Anda akan bisa berbagi buku audio dan e-book bersama dengan 5 anggota keluarga Anda.

Bahkan, Google Assistant juga telah mendukung buku audio yang bisa Anda tambahkan ke aplikasi Google Home melalui fitur Routines yang ada di Play Books. Sekarang ini, semua fitur baru Play Books juga telah tersedia di perangkat Android, iOS, maupun Google Assistant.

Cara Mengunduh Google Play Books
Untuk mengunduhnya Anda bisa melakukannya di komputer dengan menggunakan situs Google Play Books. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Google Play Books ini di perangkat Android ataupun iPhone untuk membaca buku tanpa menggunakan jaringan internet atau paket data seluler.


Di Komputer Desktop
• Masuk ke aplikasi Google Play Books. Jika Anda telah masuk atau login, daftar buku yang telah Anda miliki di Google Play akan dibuka.Jika Anda belum masuk ke Akun Google, maka login lah terlebih dahulu.
• Belilah buku jika Anda perlu. Apabila tidak ada satu pun buku di pustaka Google Play Books milik Anda, maka belilah buku yang diinginkan sebelum Anda bisa mengunduhnya. Caranya yaitu ketik kata kunci, pengarang, ataupun judul buku, di bilah pencarian yang terdapat di bagian atas jendela. Kemudian klik bukunya. Klik harganya (atau tulisan FREE) yang ditampilkan di bagian atas jendela. Ketika diminta, konfirmasikan pembelian dengan memasukkan kata sandi dan informasi pembayaran yang memang diperlukan.
• Selanjutnya carilah bukunya. Telusuri daftar bukunya sampai Anda menemukan buku yang diinginkan. Sampel buku tidak akan bisa diunduh di komputer desktop. Jika Anda ingin membeli buku, terlebih dahulu Anda harus mengeklik My books yang berada di sisi kiri halaman.
• Tahapan selanjutnya untuk proses unduh di aplikasi Google Play Books ini yaitu klik ⋮ yang terletak pada bagian pojok kanan bawah ikon buku. Sebuah menu buka-bawah (drop-down) akan mulai ditampilkan.
• Download bukunya. Klik Download EPUB atau Download PDF yang terdapat di menu buka-bawah. Pilihlah salah satu pilihan tersebut untuk mengunduh ebook dalam format ACSM.
• Konversikan berkas yang tadi baru Anda unduh ke PDF. Berkas yang diunduh tadi akan berformat ACSM, walaupun Anda telah memilih opsi PDF ataupun EPUB. Jadi, konversikan berkas ACSM tersebut ke PDF agar bisa Anda baca.

Di Perangkat iPhone dan iPad
• Tambahkan buku ke pustaka Anda jika memang perlu. Apabila Anda belum mempunyai buku di pustaka aplikasi Google Play Books, maka tambahkan buku tersebut. Untuk caranya sama seperti cara menambahkan buku diatas tadi.
• Bukalah Google Play Books. Kemudian ketuk ikon Google Play Books yang berbentuk segitiga berwarna biru dengan latar belakang putih. Jika Anda telah login maka halaman utama Google Play Books akan dibuka.

• Konversikan berkas yang tadi baru Anda unduh ke PDF. Berkas yang diunduh tadi akan berformat ACSM, walaupun Anda telah memilih opsi PDF ataupun EPUB. Jadi, konversikan berkas ACSM tersebut ke PDF agar bisa Anda baca.

Baca juga :  Usahamu Makin Berkembang Lewat Aplikasi Kasir Android


Di Perangkat iPhone dan iPad
• Tambahkan buku ke pustaka Anda jika memang perlu. Apabila Anda belum mempunyai buku di pustaka aplikasi Google Play Books, maka tambahkan buku tersebut. Untuk caranya sama seperti cara menambahkan buku diatas tadi.
• Bukalah Google Play Books. Kemudian ketuk ikon Google Play Books yang berbentuk segitiga berwarna biru dengan latar belakang putih. Jika Anda telah login maka halaman utama Google Play Books akan dibuka.

Apabila Anda belum login ke Akun Google, pilihlah nama Anda di halaman utama Google Play Books. Atau masukkan alamat surel dan kata sandi jika memang diperlukan. Jika Anda belum memiliki Google Play Books, maka Anda bisa mengunduhnya dengan gratis di App Store.
• Kemudian untuk unduh aplikasi Google Play Books selanjutnya yaitu ketuk ☰ yang ada terdapat di pojok kiri atas. Sebuah menu pop-out akan mulai ditampilkan.
• Kemudian ketuk Library yang berada di dalam menu pop-out. Semua daftar berisi buku-buku yang diunduh akan dibuka.
• Carilah buku yang ingin Anda unduh. Kemudian telusuri buku-buku yang tersedia hingga Anda bisa menemukan buku yang ingin diunduh. Apabila Anda belum memilih atau membeli buku, maka tidak ada apa pun yang akan ditampilkan di sini.
• Selanjutnya ketuk ⋮ yang terletak di pojok kanan bawah ikon buku. Sebuah menu pop-up akan segera ditampilkan.
• Langkah terakhir mengunduh aplikasi Google Play Books melalui iPhone atau iPad yaitu ketuk Download. Opsi ini biasanya berada di dalam menu pop-up. Setelah Anda melakukannya, maka buku yang dipilih akan diunduh ke iPad atau iPhone. Sekarang Anda bisa untuk membaca bukunya kapan saja, walaupun tidak menggunakan jaringan internet atau paket data.

Baca juga :  Rilis di Purwakarta VIVO V15 Unggul di Harga dan Kamera


Di Perangkat Android
• Bukalah Google Play Books. Kemudian ketuk ikon Google Play Books yang berbentuk segitiga berwarna biru di kotak putih. Jika Anda telah login, maka halaman utama Google Play Books akan dibuka. Apabila Anda belum login, maka pilih Akun Google Anda saat diminta. Jika Anda belum memasang Google Play Books, maka unduh aplikasinya dengan gratis di Google Play Store.
• Tambahkan buku ke pustaka Anda jika memang diperlukan. Apabila Anda belum mempunyai buku di pustaka, maka belilah minimal satu buku sebelum Anda bisa mengunduhnya.
• Unduh aplikasi Google Play Books selanjutnya yaitu ketuk Library. Tab ini biasanya terdapat di bagian bawah layar. Sebuah daftar berisi buku-buku yang sudah Anda unduh akan ditampilkan.
• Lalu carilah buku yang ingin Anda unduh. Selanjutnya telusuri pustaka Anda untuk mencari buku yang ingin diunduh ke perangkat Android.
• Selanjutnya Ketuk ⋮ yang berada di pojok kanan bawah ikon buku. Ini biasanya akan memunculkan sebuah menu pop-up.
• Terakhir ketuk Download. Untuk opsi ini biasanya berada di dalam menu pop-up. Setelah itu, buku yang Anda pilih akan diunduh ke smartphone atau tablet Android. Sekarang Anda sudah bisa membaca bukunya kapan saja, walaupun tidak menggunakan jaringan internet ataupun paket data.

Sebuah buku yang dibeli di perangkat Android atau komputer desktop ini akan ditampilkan di pustaka Google Books. Bisa ada di platform apa saja yang digunakan untuk masuk ke dalam akun Google yang sama. Ketika mengunduh buku di perangkat Android ataupun iPhone, maka Anda tetap harus memasang aplikasi Google Play Books ini agar bukunya bisa dibaca walaupun Anda tidak terhubung ke internet.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top