Purwakarta

Tak Lampirkan Pernah Jadi Napi, Dua Caleg Ini Terancam Di Coret

PURWAKARTAPOST.CO.ID – KPU Purwakarta menemukan Dua Caleg 2019 tidak menyertakan keterangan bahwa yang bersangkutan merupakan mantan narapidana narkoba.

Temuan dua mantan narapidana tersebut berawal dari aduan masyarakat. Kini Caleg dari PKB dan Partai Berkarya itu terancam dicoret dari DCT Pemilu 2019 untuk tingkat Kabupaten Purwakarta.

“Awalnya tiga, namun satu diantaranya mengundurkan diri,” ujar Ketua KPU Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturrahman, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (9/10/2018).

Untuk menindak lanjuti hal itu, kata dia pihaknya akan segera di Rapat Pleno dengan Bawaslu Purwakarta.

“Sekarang kami belum bisa memutuskan, hari kamis insya alloh kita rapat pleno untuk memutuskan dicoret atau tidaknya, nanti tunggu hasilnya,” kata dia.

Diketahui, dua Caleg yang terancam dicoret adalah AAR dari PKB Dapil VI dan LH dari Partai Berkarya Dapil V. Sementara, SM dari Partai Hanura Dapil VI menyatakan mundur dari pencalegan.

Sementara, Kasubag Hukum KPU Purwakarta, Wahyu Tirta Wicaksana, mengatakan, sebelumnya Komisioner KPU lama sempat memanggil pihak Parpol bersangkutan dan melakukan klarifikasi laporan warga terkait adanya dua Caleg dari masing-masing parpol yang diduga pernah terjerat kasus narkoba.

Terkait data kedua Caleg mantan narapidana tersebut, Wahyu mengaku sudah mendapatkan bukti otentik berupa catatan pidana dari Pengadilan Negeri setempat.

“Harusnya, saat mendaftar sebagai Caleg, kedua Caleg ini menyertakan surat keterangan bahwa mereka pernah menjadi narapidana, jadi tidak akan terjadi hal seperti ini. Sementara kalau suratnya dibuatkan sekarang, itu sudah tidak berlaku karena sudah DCT,” kata dia.

Pertengahan September 2019 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta masukan 615 bakal calon legislatif dari 15 partai politik pada Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2019 untuk DPRD Purwakarta.

Jika Tiga Caleg diatas ditetapkan dicoret dan mundur, maka KPU menyisakan 612 DCT Pemilu 2019 untuk Kabupaten Purwakarta.

Dari 612 daftar calon tetap tersebut, terdiri dari 369 bacaleg laki-laki dan 243 bacaleg perempuan.

Berikut 612 DCT Pemilu 2019 untuk DPRD Purwakarta jika nanti ditetapkan ada pencoretan oleh pleno KPU Purwakarta; Partai Berkarya 44 calon, Partai Nasdem 45, Partai Gerindra 45, Partai Golkar 45, Partai Demokrat 45, PKB 44, PAN 45, PPP 44, PBB 45, PDIP 45, PKS 44, Partai Hanura 40, Partai Perindo 38, PSI 26 dan Partai Garuda 17 calon.

PKPI di Kabupaten Purwakarta tidak mendaftarkan kadernya ikut kontestasi pemilihan wakil rakyat di tingkat Kabupaten Purwakarta.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top