Desa

2 Bulan Siltap Perangkat Desa Purwakarta Akan Dibayarkan Akhir Tahun Ini?

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Kepala desa dan perangkat desa Kabupaten Purwakarta akhirnya bisa bernafas lega setelah mendapat kepastian pembayaran penghasilan tetap (Siltap) selama dua bulan yang belum dibayarkan sejak tahun 2017.

Kepastian terkait pencairan Siltap yang dua bulan itu disampaikan sejak beberapa hari setelah pelantikan Bupati Purwakarta dan Wakil Bupati terpilih. Pertemuan kepala desa dengan Bupati dilakukan di Bale Kahuripan Wanayasa. Dalam pertemuan itu disampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan membayarkan sisa hutang Siltap dua bulan yang belum dibayar.

“Katanya akhir tahun ini akan dibayarkan,” tutur seorang Kepala Desa.

Soal bagaimana nanti teknisnya, Pemerintah Desa sendiri belum mengetahui persis alurnya seperti apa. Pasalnya hingga bulan ini belum ada intruksi terkait persyaratan berkas permohonan pencairan Siltap yang dua bulan itu. Termasuk juga soal dari pos anggaran yang mana yang akan digunakan Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk menutupi dua bulan hutang Silatap yang terlanjur tidak terbayar.

baca juga: APDESI Purwakarta: Kami Tidak Mempermasalahkan Siltap

“Rujukannya itu rekomendasi dari BPK agar Pemkab membayarkan kabarnya seperti itu,” tutur Kepala Desa Simpang Kecamatan Wanayasa, Senin (7/10/2018).

Kabar lainnya menurut sumber yang sama bahwa, Pemerintah Kabupaten Purwakarta hanya akan membayar satu bulan Siltap saja. Hal itu didasari pada dasar hukum pembayaran Siltap tahun sebelumnya.

“Tapi katanya sebulan saja, selebihnya dibayarkan lewat dana bagi hasil pajak (DBHP),” paparnya.

Hingga saat ini belum ada keterangan pasti terkait mekanisme pencairan Siltap yang dua bulan terhutang. Jikapun dilakukan pencairan maka prosesnya akan bersamaan dengan proposal pencairan Siltap berjalan.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top