Hiburan

Domyak Seni Tradisional Asli Purwakarta yang Jarang Ditemui

beberapa seniman tari domyak saat melakukan latihan

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Domyak merupakan salah satu kesenian yang berkembang di Desa Pasir Angin Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Berawal dari sebuah upacara ritual masyarakat setempat untuk memangil hujan. Pada masa itu masyarakat setempat memiliki kepercayaan untuk memohon turunnya hujan melalui cara kariaan.

Cara atau ritual masyarakat tersebut dimulai dengan arak-arakan menuju sumber mata air. Agar ritual arak-arakan menuju sumber air tersebut berkesan, mereka mengiringinya dengan tabuhan alat-alat musik trdisional. Diantaranya angklung, dogdog, bedug, ketuk, kecrek dan lainnya.

Saat ditemui Yosi koordinator seni tradisional Domyak mengatakan istilah lain dari tarian kariaan adalah igel taucang. Menurutnya ritual atau adat pemanggilan turunnya hujan telah diwariskan oleh nenek moyang masyarakat setempat. Sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat pun segera tercapai.

“Igel taucang ciri khas buhun atau yang diwariskan oleh nenek moyang pasir angin dulu digunakan untuk mapag hujan dalam artian mengundang hujan supaya turun hujan,” ujarnya.

Pada perkembangan selanjutnya ritual kariaan atau igel taucang arak-arakan tersebut tidak dilakukan kala meminta hujan saja. Namun juga dilakukan pada perayaan lainnya seperti pada saat hajat bumi, hajat sunatan, panen bahkan pada hari-hari besar nasional.

Bertempat di Sanggar latihan seni Domyak di Perumahan Ciseureuh sebanyak 35 personel seniman Domyak telah berkumpul untuk berlatih.

“Semua personel asli dari Desa Pasir Angin Kecamatan Darangdan yang masih melestarikan,” tandasnya.

Kesenian tradisional Domyak yang hingga kini hampir punah terus direvitalisasi agar tetap terjaga di masyarakat. Berbagai cara untuk tetap menjaganya harus dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat dan juga pemerintah.

Sebagai salah satu kesenian tradisional Domyak menjadi khazanah warisan budaya leluhur kepada masyarakat setempat.

“Selama ini perhatian dari pemerintah daerah baik, ini juga program revitalisasi seni trdisional program badan pengelolaan tamana budaya provinsi Jawab Barat,” tuturnya.

Click to comment

Berita Populer

To Top