Purwakarta

BPS: Baru 30.452 Kepala Keluarga di Purwakarta yang Sensus Online

rekapitulasi sensus penduduk online 2020. foto: liputan 6

Purwakarta Post – Sebanyak 30.452 kepala keluarga di Kabupaten Purwakarta mengikuti sensus penduduk online hingga akhir bulan Mei 2020 lalu.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Purwakarta, Dodi Mulyadi mengatakan jika dipresentasikan total response sensus penduduk online baru 10 persen.

“Saat pendataan sensus online yang respon hanya 108. 656 orang. Kalau dipersentasikan hanya masuk datanya 10 persen,” kata Dodi Jumat (5/6/2020).

Dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta, BPS mencaatat ada beberapa kecamatan yang memiliki tingkat response warga yang tinggi.

“Yang responnya paling bagus Kiarapedes, Bojong dan Cibatu,” timpalnya.

Untuk selanjutnya BPS Kabupaten Purwakarta akan melakukan rekrutmen calon petugas sensus sebanyak 700. Jumlah tersebut berkurang dari semula akan merekrut 1.200 orang petugas wawancara.

“Setelah ada pandemi, ada pengurangan serta metode pencacahannya berbeda hingga mengakitbakan pengurangan.Namun itu juga belum pasti menunggu keputusan dari pusat,”  jelas Dodi.

Untuk membekali petugas BPS juga merubah format pelatihan yang nanti akan diikuti petugas pewawancara. Jika biasanya melalui pelatihan langsung tatap muka, maka kali ini melalui pelatihan video konferensi.

“Sistem pelatihan petugasnya pun berubah, melalui video conference menghindari tatap muka. akan dilakukan secara online menyesuaikan dengan protokol kesehatan penanganan covid-19,” jelasnya.

Waktu pelaksanaan sensus penduduk offline sendiri bergeser dari semula bulan Juli menjadi bulan September 2020.

Loading...
www.domainesia.com
Click to comment

Berita Populer

To Top