Purwakarta

40 Miliar Disiapkan DPUBMP Purwakarta Tuntaskan Jalur Lingkar Barat

Kondisi Jalur lingkar barat yang belum diperbaiki

PURWAKARTAPOST.CO.ID – Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Pengairan (DPUBMP) Kabupaten Purwakarta menyiapkan sedikit Rp40 miliar dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019, untuk menuntaskan pembangunan Jalan Lingkar Barat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta memiliki pekerjaan rumah yang harus diselesaikan menyoal Jalan Lingkar Barat di tahun ini. Yakni sisa jalan yang belum dibangun sepanjang 10 Km dari Desa Ciririp Kecamatan Sukasari sampai Sukamukti Kecamatan Maniis. Dari sisa pembangunan ini, terdapat empat jembatan yang mesti dibuat dan direhabilitasi.

“Pembangunan Jalan Lingkar Barat tersisa 10 Km lagi. Rencananya akan dilaksanakan bertahap disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah,” kata Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga dan Pengairan pada DPUBMP Purwakarta Pramuji Nugroho melalui sambungan whatsapp messenger, Selasa (8/1/2019).

Kemudian untuk pembuatan dan rehabilitasi empat jembatan di antaranya pembuatan Jembatan Ciririp, Jembatan Sukamukti, Jembatan Cibadak dan rehabilitasi Jembatan Cikanyayan.

Anggaran pembangunan Jembatan Ciririp sendiri dalam APBD Purwakarta 2019 sudah tertuang sebesar Rp7,5 miliar. “Untuk Jembatan Ciririp mudah-mudahan tersedia anggarannya di tahun ini,” katanya.

Sementara ntuk kebutuhan anggaran pembangunan jalan dan pembuatan atau rehabilitasi jembatan masing-masing membutuhkan anggaran sebesar Rp40 miliar.

“Betul, untuk pembangunan 10 Km jalan butuh biaya Rp40 miliar dan pembuatan atau rehabilitasi empat jembatan sebesar Rp40 miliar,” ujarnya.

Kebutuhan pembuatan atau rehabilitasi jembatan memerlukan biaya berbeda. Ini mengingat panjang jembatan dan kondisi topografi masing-masing jembatan berbeda. “Sehingga anggaran yang dibutuhkan juga berbeda,” ucapnya.

Kabid menyebut jika semuanya sudah siap, program penuntasan pembangunan Jalan Lingkar Barat berikut jembatan akan segera dilelangkan.

“Kalau memungkinan (anggarannya) akan secepatnya kita lelangkan,” ujar Pramono.

Diketahui, Pembangunan Jalan Lingkar Barat Purwakarta dimulai sejak tahun 2015 lalu yang menghubungkan mulai Kecamatan Jatiluhur, Kecamatan Sukasari dan terakhir di Kecamatan Maniis.

Panjang jalan yang dibangun kurang lebih 57 Km dan menghabiskan anggaran APBD Purwakarta multiyears sejak tahun 2015, 2016 dan 2017 senilai lebih dari Rp100 miliar.

Click to comment

Berita Populer

To Top