News

500 Banser Ikuti Susbalan di Ponpes Al-Hikamussalafiyah Purwakarta

500 anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) se-Jawa Barat mengikuti kursus Banser lanjutan (Susbalan) selama tiga hari di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah Cipulus Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Sabtu (6/10/2017)

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Sedikitnya 500 anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) se-Jawa Barat mengikuti kursus Banser lanjutan (Susbalan) selama tiga hari di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah Cipulus Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Sabtu (7/10/2017).

Mereka adalah anggota Banser pilihan yang sebelumnya telah mengikuti Diklatsar. Pada fase Susbalan ini anggota Banser tidak saja dilatih secara fisik namun juga memantapkan komitmen ideologis hingga skil ke-Banseran.

Komandan Satuan Koordinasi Wilayah Banser Jabar, Yudi Nurcahyadi melalui Susbalan diharapkan Banser mampu menjadi dinamisator gerakan.

“Para peserta ini adalah anggota Banser pilihan yang telah lolos seleksi pada tiap satkorcab dan telah lulus diklatsar. Diharapkan lulusannya menjadi dinamisator gerakan,” tutur Yudi.

Beberapa materi penting yang akan diterima Banser diantaranya wawasan kebangsaan, pemantapan ideologi, bela diri bahkan peningkatan spiritualitas peserta. Tidak salah bila setelah mengikuti Susbalan, Banser diharapkan menjadi manusia yang paripurna.

“Tidak hanya kuat secara fisik, namun juga mantap secara intelektual dan spritual,” timpalnya.

Ketua PP GP Ansor, H Ade Musa Said yang turut hadir dalam kesempatan itu juga mengingatkan agar Banser dapat menjadi pemegang estafeta perjuangan. Banser harus dapat menjadi pejuang untuk mengawal ulama NU dan NKRI.

“Karena itu jadilah kader yang tangguh dan memiliki wawasan yang paripurna,” tutur H Musa Said.

Ketua PW Ansor Jawa Barat, Deni Ahmad Haidar mengatakan hingga akhir tahun 2017, PW Ansor akan menggelar beberapa kegiatan untuk peningkatan kompetensi Banser. Yaitu dua kali kegiatan PKL, satu kali kegiatan Susbalan dan satu kegiatan Suspelat. Yaitu dua kali kegiatan PKL, satu kali kegiatan Susbalan dan satu kegiatan Suspelat.

Pada kesempatan itu hadir juga Ketua Rijalul Ansor Jawa Barat, H Anwar Nasihin dan jajarangan pengurus Ansor Purwakarta.

Click to comment

Berita Populer

To Top