Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 7 Sep 2017 17:21 WIB ·

Kemis Welas Asih Program Pendidikan Purwakarta yang Humanis


 Kemis Welas Asih Program Pendidikan Purwakarta yang Humanis Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Pelajar Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Purwakarta serempak membawa satu gelas beras dari rumah untuk diserahkan kepada pelajar dan warga yang membutuhkan yang di sekitar lingkungan sekolah, Kamis (7/9/2017).

Aksi ini dilakukan menyusul Program ‘Poe Welas Asih’ atau Hari Kasih Sayang yang diinisiasi oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Saat ditemui di SMPN 5 Purwakarta yang ditunjuk sebagai sekolah percontohan program ini, Dedi mengatakan bahwa aksi ini memiliki cakupan jangka panjang dan bukan merupakan program sporadis.

Karena itu, ada pengawasan dari pihak sekolah maupun unsur pegawai demi pelaksanaan kegiatan ini secara berkesinambungan.

“Menebar kasih sayang itu tidak boleh terbatas pada ruang dan waktu. Artinya program ini tidak sporadis melainkan berkesinambungan. Tidak ada batas ya, artinya semua tingkatan merasakan program ini,” jelas Dedi.

Pelajar Purwakarta saat menyerahkan beras kepada warga lansia pada hari Kemis Welas Asih

Di SMPN 5 Purwakarta sendiri, berhasil terkumpul sebanyak satu kwintal beras. Para pelajar tampak dikumpulkan di lapangan untuk dibagi menjadi beberapa kelompok dan membagikan beras tersebut selain kepada sesama pelajar yang membutuhkan juga kepada warga yang tinggal di sekitar sekolah.

Rangga (14), salah seorang pelajar Kelas IX di sekolah tersebut mengatakan dirinya merasa termotivasi untuk mengikuti program ini karena dapat belajar memberi kepada sesama yang membutuhkan.

“Semangat Pak, berasnya banyak, ini mau dibagi-bagi ke sekitar sekolah,” katanya sambil memikul satu karung ukuran kecil dibantu temannya.

Aksi nyata ini langsung dirasakan oleh pelajar maupun warga sekitar. Seorang pelajar yatim bernama Saifullah (14) termasuk ke dalam kelompok pelajar yang menerima ‘beras welas asih’ ini.

Senyum remaja yang sehari-hari menggembala kambing milik tetangganya itu tambah semeringah setelah menerima bantuan berupa 3 ekor domba betina dan satu ekor domba jantan dari Bupati Purwakarta.

“Alhamdulillah dapat bantuan banyak hari ini. Saya jadi tambah semangat belajar,” katanya.

Mak Karsih (65), janda tua yang tinggal di belakang SMPN 5 Purwakarta juga mendapatkan bantuan beras yang diserahkan oleh pelajar di sekolah tersebut dengan diantar oleh salah seorang guru. Ia merasa terbantu dengan bantuan itu karena sehari-hari harus berjuang sendirian untuk mencukupi kebutuhan hidup.

“Balageur budak sekolah teh Alhamdulillah mak dipasihan beas, (baik-baik anak sekolah ini, Alhamdulillah mak dikasih beras-red),” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Ratusan Guru Honorer di Purwakarta Datangi Kantor DPRD Minta Diangkat Menjadi PPPK 

1 Maret 2024 - 00:32 WIB

Ratusan guru honorer di Purwakarta saat melakukan aksi damai di Kantor DPRD Purwakarta

Mahasiswa UPI Purwakarta Bantu Warga Realisasikan Memiliki Penampungan Bibit Ikan

25 Desember 2023 - 21:45 WIB

SMKN 1 Plered Purwakarta Sukses Selenggarakan Perlombaan Paskibra se-Jabar

25 Desember 2023 - 12:50 WIB

Istri Kepala Desa Wisudawan Tertua STAI Muttaqien 2023 

26 Agustus 2023 - 18:31 WIB

Wisuda ke XIII, STIE Muttaqien Purwakarta Lepas 197 Sarjana

26 Juli 2023 - 15:32 WIB

Kecurangan PPDB Bikin Bangkrut Sekolah Swasta?

24 Juli 2023 - 01:15 WIB

Trending di Pendidikan