Ekonomi

Mendes PDTT Tinjau Pemasaran Sabun Produk UBK Bumegah Purwakarta

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Setelah berdialog dengan ratusan perangkat desa se Purwakarta, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi langsung meninjau produksi sabun buatan kelompok usaha berbasis komunitas (UBK) warga Desa Bunder dan Desa Mekargalih Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat Kamis (7/1/2016) sore.

 

Mendes PDTT, Marwan Jafar memastikan program UBK adalah salah satu program yang digagas Kemendes PDTT untuk mendorong produktifitas usaha masyarakat desa. Mendes Marwan juga melihat-lihat langsung produk sabun UBK Bumegah yaitu sabun cair, serbuk dan colek.

 

“Dan kebetulan, UBK Bunder-Mekargalih (Bumegah) ini produknya berupa sabun yakni sabun cair, serbuk dan colek,” ujarnya, Mendes Marwan.

 

Setelah melihat langsung produk buatan UBK Bumegah, Marwan mengaku produk UBK tidak kalah saing dengan produk sabun lain. Secara umum sudah laik jual dan tentunya berkualitas, tinggal nanti pemasarannya lebih baik. Agar lebih memasyarakat produk UBK harus dipromosikan dan didukung semua pihak termasuk pemerintah, pasalnya produk UBK bertujuan mensejahterakan masyarakat desa.

 

“Lalu, perlu diperhatikan juga sistem promosinya,” timpal Mendes.

 

Pada tahun ini 2016, Kemendes PDTT sendiri memastikan sudah mencatat 100 UBK yang dikelola masyarakat di seluruh Indonesia. Untuk membangun jejaring pemasarannya nanti Kemendes PDTT akan menggelar pameran produk UBK tingkat nasional yang menjadi silaturahmi produk sehingga produk-produk UBK dapat menasional. Bahkan menurutnya masyarakat desa harus dapat bersaing di era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

 

“Produk UBK harus mampu bersaing, apalagi kita akan menghadapi MEA. Dan saya percaya UBK bisa,” paparnya kepada tamu undangan di Ciganea.

 

Usai meninjau UBK, Menteri Marwan meneruskan lawatannya ke Desa Mekargalih melihat hasil pembangunan desa melalui program Dana Desa (DD). Sebelumnya, Marwan juga memberi arahan kepada 193 kades dan lurah se Purwakarta di Pendopo Purwakarta dan mengikuti maulid nabi di Pondok Pesantren Al-Hikamus Salafiyah Cipulus Wanayasa.

 

Dalam acara itu hadir pula Dirjen terkait Kementrian Desa PDTT, unsur pejabat kecamatan, Camat Jatiluhur Rahmat Heriansyah, Kapolsek Kompol Essa, Danramil serta unsur desa setempat.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top