Purwakarta

21.504 Hektar Lahan di Purwakarta Masuk Kategori Kritis

Ketua Komisi II DPRD Jabar, Rahmat Hidayat Djati (tengah) saat menggelar reses di purwakarta

Purwakarta Post – Ketua Komisi II DPRD Jabar, Rahmat Hidayat Djati menyebut seluas 21.504 hektar lahan di Kabupaten Purwakarta masuk dalam kategori kritis yang harus dibenahi.

Dalam resesnya di Purwakarta anggota DPRD asal Fraksi PKB ini merincikan lahan kritis yang ada di Purwakarta dan Karawang mencapai 42.384 hektar yakni 21.504,99 hektar berada di Purwakarta dan 20.879,61 hektar di Kabupaten Karawang.

Luas lahan kritis tersebut termasuk juga di dalamnya lahan dengan kategori sangat kritis dengan rincian Purwakarta seluas 7.918,12 hektar dan seluas 2.026,65 hektar di Karawang.

Karenanya Rahmat Hidayat Djati mendorong agar pemerintah baik dari tingkat provinsi maupun kabupaten untuk melakukan langkah konkrit penyelamatan lahan kritis tersebut.

Menurutnya penanganan lahan kritis sangat penting untuk meningkatkan keseimbangan alam dan keberlanjutan pembangunan daerah.

“Kami akan terus mendorong eksekutif untuk melakukan langkah-langkah nyata,” tutur Rahmat Toleng sapaan akrabnya, Kamis (5/12/2019).

“Kami akan terus mendesak Pemerintah Provinsi Jawa Barat termasuk pemerintah pusat melalui Kementerian Kehutanan agar memprioritaskan penanganan lahan kritis demi keberlangsungan pembangunan berkeseimbangan ke depan. Tentu saja keterlibatan Pemkab juga diperlukan,” jelaanya.

Melalui UU No 37 Tahun 2014 telah dijelaskan bahwa pemulihan fungsi tanah pada lahan harus dilaksanakan. Pemerintah harus duduk bersama dengan elemen masyarakat untuk merumuskan solusi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan di lapangan.

Baca juga :  Bupati Purwakarta Instruksikan Pengibaran Bendera Setengah Tiang
Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top