Menu

Mode Gelap

Desa · 6 Des 2017 15:39 WIB ·

Sekjen Kemendesa Harap Dedi Mulyadi Bantu Aparat Desa di Jawa Barat


 Sekjen Kemendesa Harap Dedi Mulyadi Bantu Aparat Desa di Jawa Barat Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Sanusi Anwar mengungkapkan kekaguman terhadap Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Rasa kagum ini menyusul keberhasilan Dedi dalam membangunan desa di Purwakarta, khususnya tentang Aparat Desa.

Hal ini terlihat dari beberapa kebijakan di Purwakarta berupa penciptaan Desa Budaya. Selain itu ada juga Insentif Aparat, Investasi Desa, Beas Perelek, dan Gempungan di Buruan Urang Lembur.

Karena keberhasilannya tersebut, Dedi diundang oleh Kementerian Desa PDTT untuk memaparkan tips membangun desa. Dedi berbicara di hadapan para pejabat lintas kementerian di Auditorium Bale Kirana, Hotel Bidakarya, DKI Jakarta, Rabu (6/12/2017).

“Kita minta beliau untuk bicara karena beliau ini salah satu pemimpin di Jawa Barat yang berhasil memberdayakan pedesaan. Ilmu beliau harus diserap secara nasional. Saya juga berharap keberhasilan membangun desa di Purwakarta, bisa beliau terapkan di Jawa Barat,” ujar Sanusi saat membuka kegiatan.

Dalam paparannya, Dedi mengatakan, pemerintah pusat harus memberikan insentif yang layak bagi aparat desa di daerah. Hal ini dilakukan agar kesejahteraan aparat desa meningkat dan berimbas pada efektifitas penggunaan dana desa. Sehingga, kata Dedi, dana desa tidak rawan penyelewengan.

“Mereka ujung tombak pelayanan publik. Maka, Negara harus memperhatikan kesejahteraannya dengan payung hukum yang jelas. Sehingga, kinerja mereka terkontrol dan konsisten. Ini juga berguna untuk mengindari gratifikasi, kalau kesejahteraan cukup, buat apa terima gratifikasi?,” jelasnya.

Standarisasi Kapabilitas Aparat Desa

Bupati Purwakarta dua periode itu pun juga mengusulkan adanya standarisasi kapabilitas aparat desa. Standarisasi ini diukur berdasarkan kebutuhan wilayah dan karakter daerah. Sehingga, satu daerah dengan daerah lain memiliki standarisasi yang khas.

Agar pembangunan pedesaan berlangsung efektif dan efisien, Dedi menekankan pentingnya pengelolaan keuangan. Kata dia, Desa harus memiliki rekening tersendiri, tidak boleh lagi menggunakan rekening pribadi kepala desa. Setiap pengeluaran dari rekening desa, harus tercatat dalam sistem perbankan.

“Sudah tidak boleh lagi kas desa bersatu dengan rekening kepala desa. Ini harus diubah, desa harus punya rekening sendiri,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Purwakarta Kirim Ratusan Atlet Ikuti Fornas Jabar 2023

1 Juli 2023 - 14:08 WIB

Sepekan Libur Lebaran 2023, Kunjungan Wisatawan Purwakarta Tembus 263. 252

4 Mei 2023 - 12:58 WIB

Kreatif! Kades Sumurugul Wanayasa Ajak Anak-Anak Ikut Lomba Lato-Lato

8 Januari 2023 - 19:59 WIB

Tanjakan Cinta Objek Wisata Baru di Purwakarta yang Hits Dikelola BUMDesa

28 November 2022 - 23:37 WIB

Bah Enos Warga Purwakarta yang Tak Lagi Dapat Bantuan

22 November 2022 - 12:34 WIB

Dikawal Pendamping, Kabupaten Purwakarta Kini Jadi Kabupaten Maju di Indonesia

24 Oktober 2022 - 15:55 WIB

Trending di Desa