Ekonomi

Warga Purwakarta Manfaatkan Pekarangan Rumah dengan Menanam Strawberry

Tanaman Strawberry California di pekarangan rumah Didi

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Akhir pekan tiba saatnya mengisi aktifitas di hari libur dengan kegiatan berkebun di pekarangan rumah. Salah satunya dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam Strawberry.

Warga di Kampung Tanjung Manggu RT 005 RW 003 Desa Simpang Kecamatan Wanayasa, Purwakarta Hasan Najeli belakangan ini memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam Strawberry jenis California.

Tanaman Strawberry ini semula berasal dari lima indukan yang kemudian memiliki banyak tunas-tunas baru. Tunas baru tersebut kemudian disebar dalam wadah polibag yang jumlahnya saat ini lebih dari 100 tanaman Strawberry California.

“Awalnya memang sedikit tapi kemudian tunasnya banyak, ya kemudian kita sebar saja,” tuturnya Sabtu (6/10/2018).

Agar tanaman Strawberry terlihat indah maka diapun menatanya menggunakan rak kayu. Tanaman Strawberry disusun berundak agar lebih mudah terkena sinar matahari dan saat penyiraman.

“Kita tata saja agar rapi dan lebih enak dipandang,” timpal Hasan Najeli yang akrab disapa Didi.

Didi saat setelah menyiram tanaman Strawberry yang berada di depan pekarangan rumah miliknya

Untuk kebutuhan pupuk tanaman Didi selalu menggunakan bahan-bahan organik yaitu, kotoran ternak domba, dan cankang kulit telur. Selain pemupukan hal penting lain agar Strawberry berbuah lebat dan besar adalah dengan rutin menyiramnya setiap hari.

Tanaman Strawberry yang tumbuh dapat dimakan langsung, biasanya anak-anak tetangga Didi yang main ke rumahnya akan mendapatkan Strawberry secara gratis.

Didi pun berharap kedepan akan membangun projek Kampung Strawberry, dimana setiap pekarangan rumah di lingkungan tempat tinggalnya memiliki tanaman Strawberry. (sumber lain: litefarm)

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top