Purwakarta

Bidang Kepemudaan Purwakarta Berharap Dewan Baru Bersinergi Wujudkan Kota Layak Pemuda

Purwakarta Post – Kepala Bidang Kepemudaan Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Ahmad Arif Imamulhaq mendorong agar anggota dewan yang baru dilantik dapat bersinergi membangun generasi muda.

“Atas dilantiknya anggota DPRD Kabupaten Purwakarta, kami berharap ada perubahan yang strategis dalam peran dan fungsi legislatif ke depan. Terlebih, sebagian wakil rakyat yang baru dilantik terdapat generasi muda,” tutur Ahmad Arif Imamulhaq saat menerima Dr. Kamarul Bahri, M.Pd beserta rombongan dari Kesbangpol Pemprov Jabar dan Yayasan Compassionate Indonesia di kantor Disporaparbud Purwakarta, Selasa (6/8/2019).

Bidang Kepemudaan sendiri berharap, peran dan fungsi legislatif dapat mendukung pembangunan kepemudaan yang lebih sinergis. Lebih utamanya dalam mengupayakan Kabupaten Purwakarta sebagai Kota Layak Pemuda yang bernafaskan nilai-nilai ke-welas-asihan.

baca juga: Hari Ini 45 Anggota DPRD Purwakarta Dilantik, 244 Personel Polisi Diterjunkan

“Nilai-nilai tradisi yang baik yang sejalan dengan ke-Tuhan-an Yang Maha Esa sebagaimana tercantum pada Pancasila,” timpalnya.

Menurutnya saat ini pemuda menghadapi bukan hanya tantangan revolusi industri 4.0 yang terus berkembang pesat, melainkan juga pergeseran tata nilai dalam kehidupan sehari-hari, terutama pada generasi muda.

Pergeseran tata nilai tersebut sangat berdampak terhadap kualitas indeks pembangunan pemuda (IPP).

Berdasarkan data dari Bappenas, IPP Jawa Barat berada pada peringkat ke-31 pada tahun 2016, bahkan di bawah IPP Provinsi Papua dan Papua Barat yang ada di peringkat 24 dan 25 dari 34 Provinsi di Indonesia.

“Ini sebuah tantangan yang tidak mudah. Karena begitu banyak indikator yang diukur, setidaknya ada 15 indikator. Oleh karena itu, kami berharap kita semua dapat berkolaborasi, khususnya  dalam pembangunan kepemudaan dengan menempatkan generasi muda sebagai subyek bukan sekedar obyek, dengan mengedepankan partisipasi aktif mereka dan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mereka berkreasi sesuai potensi dan keahliannya,” pungkasnya.

Baca juga :  Ini Susunan Lengkap AKD DPRD Purwakarta 2019-2024
Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top