Menu

Mode Gelap

Purwakarta · 5 Sep 2017 19:43 WIB ·

143 Hektar Sawah Desa Citalang Terancam Kekeringan


 143 Hektar Sawah Desa Citalang Terancam Kekeringan Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Diduga gara-gara diserebot petani lain, aliran air irigasi ke areal persawahan Desa Citalang, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mengalami penyusutan akibatnya 143 hektare sawah di desa tersebut terancam kekeringan.

Kepala Desa Citalang Endang Rukanda mengatakan irigasi induk yang terdapat di wilayahnya sumber airnya diperoleh dari sungai-sungai yang ada di Kecamatan Pondoksalam yang biasanya mampu mengaliri empat desa meskipun dilanda musim kemarau.

Adapun desa-desa yang masih di suplai airnya dari irigasi pusat yaitu Desa Cihuni, Desa Warung Kadu, Desa Margasari (Kecamatan Pasawahan); dan Desa Citalang (Kecamatan Purwakarta).

Sejak beberapa hari terakhir, air irigasi Desa Citalang  mendadak kering dan tidak ada air yang mengalir.

Ada kecurigaan  aliran air sengaja dialihkan oleh petani di hulu untuk mengairi sawahnya yang berada di desa lain. Pasalnya letak irigasi Desa Citalang berada paling hilir di antara tiga desa sebelumnya. Sehingga begitu aliran irigasi terhenti, sudah dipastikan sawah di wilayah Desa Citalang akan kekeringan.

“Sebenarnya sudah ada pembagian jadwal pembagian air disaat musim kemarau seperti sekarang. Untuk desa kami air mengalir dua kali dalam seminggu, pada Senin dan Kamis,” paparnya, Selasa (5/9/2017).

Antisipasi agar tidak terjadi rebutan air dia bersama petugas lain dan juga kelompok tani Desa Citalang memeriksa langsung ke irigasi induk di Kecamatan Pondoksalam.

Pihaknya juga secara intensif berkoordinasi dengan kepala pembagian air di irigasi induk  Kecamatan Pondoksalam karena dikhawatirkan terjadi konflik antar sesama petani akibat perebutan air yang tidak dapat dihindri.

Artikel ini telah dibaca 151 kali

Baca Lainnya

KPU Purwakarta Segera Buka Rekrutmen PPK dan PPS

18 April 2024 - 15:37 WIB

Cikao Park Purwakarta Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran, Pengelola Tingkatkan Keamanan

13 April 2024 - 16:39 WIB

GM PLN Jabar Lakukan Inspeksi, Pastikan SPKLU Siap Layani Pemudik

9 April 2024 - 23:50 WIB

PLN Purwakarta Bersama Jasa Marga Cek SPKLU di Rest Area Tol Cipularang

9 April 2024 - 16:19 WIB

PLN UP3 Purwakarta Gelar Apel Siaga Kelistrikan Untuk Memastikan Kehandalam Listrik Selama Lebaran

7 April 2024 - 20:34 WIB

Jasa Tirta II Pastikan Tampungan Bendungan Ir. H. Djuanda Dalam Batas Aman Jelang Lebaran

7 April 2024 - 20:10 WIB

Trending di Purwakarta