Kesehatan

5 Hal Ini Bantu Hentikan Virus Corona

5 Hal Ini Bantu Hentikan Virus Corona

Purwakarta Post – Ada 5 hal berikut ini yang dapat membantu menghentikan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 yang dapat dilakukan di rumah.

Memutus mata rantai penyebaran Corona menjadi tanggungjawab semua, tidak terkecuali kamu. Untuk menghentikan penyebaran Corona ada baiknya simak 5 langkah ini yang dapat membantu menghentikan Virus Corona.

5 hal ini terbilang sangat sederhana dan mudah untuk dikerjakan, tapi jangan sangka dampaknya akan sangat membantu untuk menghentikan Virus Corona menyebar dari orang yang satu ke yang lainnya. Berikut ini 5 langkahnya:

1. Cuci Tangan dengan Sabun/Hand Sanitizer

Mencuci tangan dapat melindungi diri sendiri agar tehindar dari bahaya Corona. Pasalnya dengan rajin mencuci tangan kamu dapat mencegah perpindahan Corona dari orang lain yang positif melalui cairan yang menempel pada suatu benda.

Hasil penelitian yang tidak diragukan, Virus Corona dapat menempel hidup berjam-jam bahkan berhari-hari pada suatu permukaan benda. Mencuci tangan dengan sabun dapat menghentikan perpindahan Corona.

Usahakan mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik, saat akan melakukan sesuatu atau setelah bepergian atau tiba pada suatu tempat.

Jika kamu sedang berada di luar rumah, aktifitas mencuci tangan dapat diganti dengan menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol minimum 60 persen.

2. Etika Menutup Mulut Saat Batuk

Saat kamu sedang mengalami gejala batuk, bersin flu biasa, sebaiknya menutup mulutmu menggunakan tisu, atau pertigaan lengan siku untuk menghentikan perpindahan cairan dalam mulut dan hidung.

Tutuplah saat batuk atau bersin menggunakan masker, tisu atau pertigaan lengan siku. Lalu setelahnya buanglah tisu atau cuci masker dan pakaian setelah digunakan.

3. Jangan Menyentuh Bagian Wajah

Wajah menjadi pintu masuk penyebaran Corona melalui mulut, hidup, dan mata. Karenannya usahakan untuk tidak mengucek mata, membersihkan hidung dan mulut saat sebelum tanganmu dicuci air dengan sabun.

Jika terlanjur menyentuh wajah, sebaiknya cuci tanganmu lalu kemudian cuci muka dengan menggunakan sabun pembersih yang dapat memberishkan wajah.

4. Menjaga Jarak Aman

Menjaga jarak fisik atau Physical Distancing dapat membantu menghentikan Virus Corona menyebar antar manusia.

Sugestikan bahwa setiap orang yang berada di dekatmu adalah pasien positif, sehingga kamu akan selalu menjaga jarak dengannya. Ini tentu dilakukan untuk menghentikan penyebaran Virus Corona.

5. Di Rumah Aja

Di rumah aja, artinya kamu dapat menjadi orang yang sangat membantu masyarakat luas untuk menghindari penyebaran Virus Corona.

Karena bisa dibayangkan, saat kamu keluar rumah kamu tidak akan tahu siapa yang positif terjangkit Corona atau tidak, hal ini tentu sangat riskan, dan langkah terbaiknya adalah dengan berdiam diri di rumah.

Berdiam diri di rumah dapat membantu menekan penyebaran atau memutus rantai penyebaran Virus Corona.

Loading...
www.domainesia.com
Click to comment

Berita Populer

To Top