Purwakarta

30.000 Pelancong Setiap Akhir Pekan Padati Taman Air Mancur Sribaduga Purwakarta

Taman air mancur sribaduga putwakarta

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Jumlah kunjungan fantastis untuk Kabupaten Purwakarta di akhir pekan rata-rata 30 ribu pelancong datang ke Purwakarta.

Jumlah rata-rata kunjungan itu dicatat langsung oleh Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta.

Kepala Bidang Pariwisata pada Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar mengatakan jumlah wisatawan yang datang ke Purwakarta sangat tinggi.

“Hampir setiap akhir pekan, ada sekitar 30 ribu orang yang berkunjung ke lokasi wisata ini (Taman Air Mancur Sribaduga),” tuturnya belum lama ini.

Tingginya jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Air Mancur Sribaduga menjadi alasan kuat pihaknya menargetkan 2,5 juta pelancong datang ke Purwakarta dalam setahun. Pasalnya Taman Air Mancur Sribaduga menjadi penyumbang terbesar wisatawan ke kabupaten kedua terkecil di Jawa Barat ini.

“Tahun ini target kunjungan yang ditetapkan sekitar 2,5 juta wisatawan datang ke Purwakarta,” paparnya.

Angka 2,5 juta bukan hal yang mustahil mengingat data yang dihimpun Bidang Pariwisata Purwakarta mencatat tahun 2017 jumlah pengunjung mencapai 2 juta orang. Padahal tahun 2017 lalu Bidang Pariwisata hanya menargetkan 1 juta wisatawan datang ke Purwakarta.

“Dengan banyaknya lokasi wisata, kami optimistis jumlah kunjungan akan kembali melebihi target, seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya,” jelas Heri.

Taman Maya Datar Purwakarta saat malam Festival Budaya Dunia pada peringatan Hari Jadi Purwakarta

Data lain yang tidak kalah fantastis adalah peningkatan jumlah objek wisata di Purwakarta yang terus meningkat. Tahun 2015 lalu Bidang Pariwisata mencatat ada 32 objek wisata, tahun 2018 jumlahnya meningkat menjadi 45 objek wisata. Dengan kata lain selama dua tahun terakhir bertambah 13 objek wisata baru.

“Potensi pariwisata di Purwakarta cukup melimpah. Kami akan terus kembangkan, supaya bisa jadi magnet bagi wisatawan,” ujar Heri.

Efek domino pariwisata adalah lahirnya industri kreatif daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Dengan banyaknya pengunjung ke Purwakarta, maka akan melahirkan ekonomi kreatif di masyarakat,” pungkasnya.

Untuk lebih mempermudah wisatawan Bidang Pariwisata dan Budaya Disporaparbud Purwakarta telah meluncurkan aplikasi “Sampurasun Pariwisata Purwakarta”.

Click to comment

Berita Populer

To Top