Pendidikan

Ratusan Pelajar SMAN 1 Jatiluhur Demo Kepala Sekolah Soal Dana BOS

Pelajar SMAn 1 jatiluhur saat menuntut transparansi dana bos

PURWAKARTAPOST.CO.OD-Ratusan pelajar SMAN 1 Jatiluhur Kabupaten Purwakarta menggelar aksi demo di halaman sekolah, Jumat (5/1/2018).

Aksi tersebut mereka tunjukan kepada Popong Siti Ratnasari selaku Kepala Sekolah (Kepsek) yang dianggap tidak transparansi terhadap pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan bantuan perlengkapan sekolah.

“Kita meminta transparansi terkait anggaran BOS sebab setiap siswa memiliki dana dari pemerintah,” ujar salah satu pelajar di Sekolah tersebut Nida Sri Rauzatul.

Selama aksi demo itu berlangsung, ratusan siswa yang mengenakan seragam pramuka bernyanyi dan berteriak menyampaikan aspirasi sembari memegang poster bertulisan tuntutan dan tidak transparansi pengelolaan dana BOS.

“Kita gak pernah tau pengelola dana BOS itu, kami meminta perbaikan fasilitas yang ada di sekolah ini,” kata dia.

Menurutnya, tidak sedikit fasilitas sekolah mengalami kerusakan namun tak kunjungan diperbaiki. Bahkan ironisnya untuk memperoleh spidol saja siswa harus membelinya dari uang kas kelas.

“Sempat juga waktu dulu, untuk upah kerja pembersih sekolah saja siswa iuran sebesar Rp3 ribu per bulan, namun sekarang sudah dihentikan,” kata dia.

Melalui aksi demo ini mereka berharap, pengelolaan anggaran BOS yang diperoleh dari pemerintah digunakan sebagai mana mestinya, salah satunya yaitu untuk memperbaiki fasilitas sekolah.

Sementara, menanggapi aksi tersebut Kepsek SMAN 1 Jatiluhur Popong Siti Ratnasari membantah jika sarana dan prasarana di sekolah yang dia pimpin tidak diperhatikan.

“Yah itu anak-anak saja ingin menyampaikan aspirasi, cuman mereka belum belajar bagaimana cara menyampaikan aspirasi yang baik dan benar, nah ini kewajiban kita selaku guru yang harus mengajarkannya, tadi sudah saya kasih arahan dan alhamdulilah mereka mengerti,” ujar dia.

Click to comment

Berita Populer

To Top