Desa

Lewat BID 2018, Bupati Purwakarta Dorong Pemerintah Desa Terus Berinovas

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Melalui Bursa Inovasi Desa (BID) Bupati Purwakarta mendorong agar pemerintah desa terus berinovasi.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika secara resmi membuka kegiatan BID tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID), Selasa (4/12/2018).

Pemerintah Kabupaten Purwakarta sendiri mendorong agar desa terus berinovasi. Lewat inovasi itu akan mempercepat pembangunan dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

Ambu Anne sapaan akrab Bupati Purwakarta mencontohkan bagaimana desa dapat bekerjasama dengan perusahaan dalam pengolahan limbah ekonomis.

“Pertama Pemkab akan membuka lebar langkah inovasi yang diberikan desa. Contoh misalkan di Purwakarta terdapat banyak pabrik, limbah dari pabrik itu masyarakat dan desa setempat bisa kerjasama dengan pabrik untuk mengolahnya,” Ujar Anne.

Soal bagaimana caranya berinovasi Ambu meyakinkan lewat BID pemerintah desa tidak harus ragu memulainya. Pasalnya, di BID masing-masing desa dapat mereplikasi kegiatan inovasi yang nanti dapat dilaksanakan pada tahun 2019 melalui dana desa.

“Tadinya mereka (Kepala Desa) tidak tahu limbah ini bisa di daur ulang atau tidak. Oleh karena itu dilakukan acara seperti ini, agar banyak memberikan penawaran inovasi yang yang akhirnya, mereka (Pemerintah Desa) bisa melaksanakannya di desa masing-masing,” Ucap Anne.

Selain pengolahan limbah, Ambu juga mendorong agar pemerintah desa menggenjot pariwisata alam desa. Dengan catatan mempertimbangkan aspek potensi alam desa.

“Potensi – potensi wisata ini yang harus dikelola dengan baik oleh pemerintah desa ataupun masyarakat. Karena dari situlah dapat memajukan perekonomian masyarakat dan desa,” jelasnya.

Purwakarta memang dikenal memiliki sumber daya alam yang melimpah, hampir di setiap kecamatan di Purwakarta terdapat potensi alam yang tersedia. Misalkan di Sukasari, terdapat wisata alam seperti curug Ciririp, Curug Tilu, serta hasil alam seperti bambu.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top