Purwakarta

Malam Takbiran, Pemkab Purwakarta Kembali Gelar Festival Dulag

Malam Takbiran, Pemkab Purwakarta Kembali Gelar Festival Dulag

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Purwakarta kembali menggelar Festival Dulag atau Festival Bedug untuk menyambut malam Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 M.

Peserta Festival Dugal tahun ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya yakni diikuti oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga pemerintahan desa dan kelurahan.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan memeriahkan malam takbiran dengan festival bedug adalah bagian dari menjaga tradisi masyarakat nusantara. Karenannya Pemkab Purwakarta kembali menggelar festival dulag menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 M.

“Karena menabuh bedug bagian tradisi yang tidak bisa terpisahkan dalam menjelang lebaran,” kata Bupati Anne di Purwakarta, Selasa (4/6/2019).

Lebih bagusnya lagi melalui festival bedug masyarakat dapat mengikuti pawai bedug keliling dengan tertib tanpa mengganggu pengguna jalan. Festival bedug kali ini sendiri dipusatkan di Jalan KK Singawinata Purwakarta.

“Agar aman dan terakomodir sehingga seluruh masyarakat Purwakarta bisa menikmati suasana malam takbiran,” papar Anne yang juga istri mantan bupati Purwakarta sebelumnya.

Setiap peserta festival dulag mimiliki karakteristik yang berbeda baik dari segi dekorasi kelengkapan bedug hingga nada ketukan bedug. Pasalnya akan ada juri yang melakukan penilaian festival dulag 2019 yang nantinya pada malam tersebut juga diumumkan pemenangnya.

“Peserta melakukan pemukulan hanya di tempat, nanti juri akan berkeliling memberi nilai,” ujar Ketua Panitia Festival Dulag Purwakarta, Dindin.”

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top