Menu

Mode Gelap

Desa · 3 Sep 2018 15:06 WIB ·

Jelang DCT Pileg 2019, Dinas PMD Purwakarta Berhentikan Enam Kapala Desa


 Jelang DCT Pileg 2019, Dinas PMD Purwakarta Berhentikan Enam Kapala Desa Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, memberhentikan enam kepala Desa di Purwakarta. Pemberhentian Kepala Desa tersebut, dikarenakan lima diantaranya mencalonkan sebagai Calon Legislatif dan satu orang diganti, karena meninggal dunia.

“Secara serentak enam kades kita ganti, satu karena meninggal dan lima kades mengundurkan diri karena maju dalam Pileg 2019,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Purwakarta Panda Dinata. Di Sela Sertijab enam Kades berbagai Kecamatan di Aula Janaka Purwakarta, senin (3/9/2018).

Menurut Panda, sesuai undang – undang yang berlaku, khusus bagi Kepala Desa yang mencalonkan sebagai Caleg.

“Hari ini kita serahkan SK Pemberhentian untuk lima Kades yang nyaleg kita serahkan kepada yang bersangkutan sekaligus SK Pengangkatan Penjabat Kepala Desa, adapun untuk Kepala Desa Malangnengah Kecamatan Sukatani, meninggal dunia. Jadi hanya lima Kades yang nyaleg,” ujar Panda.

Lima kepala desa yang akan ikut kontestasi Pileg 2019 itu diantaranya; Kepala Desa Kertajaya Kecamatan Pasawahan, Lina Nursylvia Lestari, nyaleg di Golkar, Kepala Desa Cipinang Kecamatan Cibatu, Ahmad nyaleg di PDIP, Kepala Desa Bungursari Kecamatan Bungursari, Castono nyaleg di PKB, Kepala Desa Panyindangan Kecamatan Sukatani Agus Indra Muchtar nyaleg di Golkar dan Kepala Desa Cisalada Kecamatan Jatiluhur, Erlan Diansyah nyaleg di Partai Berkarya. Kepala Desa Malangnengah Kecamatan Sukatani, Durahman diketahui meninggal dunia.

Menurut Panda, untuk menjadi anggota legislatif para Kepala Desa harus mengundurkan diri. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku. Bahkan jika kalah pun tidak akan bisa untuk menjabat kembali.

“Ya artinya mengundurkan diri, kalaupun mereka kalah jabatannya tidak bisa dikembalikan kan sesuai undang – undang yang berlaku,” ujarnya.

Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Purwakarta Kirim Ratusan Atlet Ikuti Fornas Jabar 2023

1 Juli 2023 - 14:08 WIB

Sepekan Libur Lebaran 2023, Kunjungan Wisatawan Purwakarta Tembus 263. 252

4 Mei 2023 - 12:58 WIB

Kreatif! Kades Sumurugul Wanayasa Ajak Anak-Anak Ikut Lomba Lato-Lato

8 Januari 2023 - 19:59 WIB

Tanjakan Cinta Objek Wisata Baru di Purwakarta yang Hits Dikelola BUMDesa

28 November 2022 - 23:37 WIB

Bah Enos Warga Purwakarta yang Tak Lagi Dapat Bantuan

22 November 2022 - 12:34 WIB

Dikawal Pendamping, Kabupaten Purwakarta Kini Jadi Kabupaten Maju di Indonesia

24 Oktober 2022 - 15:55 WIB

Trending di Desa