Pendidikan

Disdik Purwakarta Resmi Buka PPDB Online 2020, Ini Persyaratannya

kadisdik purwakarta, dr purwanto saat sosialisasi ppdb online tahuna ajaran 2020/2021

Purwakarta Post – Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta secara resmi membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online, berikut ini persyaratan yang harus dilengkapi sebelum daftar.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Dr Purwanto secara langsung mensosialisasikan tahapan dan persyaratan PPDB online tahun ajaran 2020/2021.

“Adapun Asas yang menjadi dasar pelaksanaan PPDB tahun 2020 adalah Nondiskriminatif (tidak membedabedakan), Objektif, Transparan, akuntabel dan Berkeadilan,” tutur Dr Purwanto, Selasa (2/6/2020).

Ada beberapa syarat yang harus dipersiapakan bagi Orang tua/Wali yang akan mendaftarkan putra-putrinya. Adapun persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik baru adalah :

1. Kutipan akta kelahiran atau surat keterangan dari Desa/Kelurahan

2. Domisili peserta didik berdasarkan alamat pada kartu keluarga atau keterangan domisili  dari RT/RW yang dilegalisir lurah/kepala desa atau pejabat setempat yang berwenang.

3. Memiliki Ijazah jenjang Sebelumnya atau surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah.

4. Surat pernyataan Orang tua/Wali di atas materai.

Untuk PPDB tahun 2020 ada 4 kuota yang dapat dipilih orang tua yaitu :

1. Jalur Afirmasi (bagi peserta didik yang kurang mampu) dilaksanakan pada tanggal 16-18 Juni 2020 dengan kuota 15%

2. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua dilaksanakan pada tanggal 19-23 Juni 2020 dengan kuota 5%

3. Jalur Prestasi dilaksanakan pada tanggal 24-26 Juni 2020 dengan Kuota 20%

4. Jalur Zonasi (bagi peserta didik yang berada diwilayah terdekat) dilaksanakan pada tanggal 29 Juni-3 Juli 2020 dengan kuota 60%

Penerapan  Sanksi bagi Orang tua/Wali yang melanggar aturan dalam pendaftaran Peserta didik baru antara lain :

1. Peserta didik yang orang tuanya terbukti memalsukan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat maupun Permerintah Daerah akan dikenai Sanksi dikeluarkan  dari sekolah 

2. Peserta didik yang Oarang tuanya terbukti memalsukan bukti surat Keterangan Domisili bermaterai dari RT/RW akan dikenai Sanksi dikeluarkan  dari sekolah

3. Peserta didik yang orang tuanya terbukti memalsukan dokumen persyaratan PPDB akan dikenai sanksi dikeluarkan  dari sekolah

Kadisdik juga menyampaikan, bagi orang tua yang tidak memiliki akses (tidak memiliki android atau kurang memahami pendaftaran online) untuk mendaftarkan putra-putrinya dapat meminta bantuan Operator sekolah untuk mandaftarakan.

Dinas Pendiikan juga  membuka layanan konsultasi dan pengaduan PPDB tahun 2020 yaitu dengan menghubungi WhatsApp 087760977624, 081572130563.

Loading...
www.domainesia.com
Click to comment

Berita Populer

To Top