Menu

Mode Gelap

Politik · 3 Jun 2018 05:06 WIB ·

244 Orang KPPS di Purwakarta Diminta Mundur Jika Terbukti Anggota Parpol


 244 Orang KPPS di Purwakarta Diminta Mundur Jika Terbukti Anggota Parpol Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Menyusul Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Purwakarta menemukan 244 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) terindikasi anggota partai politik. KPU setempat angkat bicara.

“Masalah itu tergantung rekomendasi Panwas,” ujar Ketua KPU Purwakarta Ramlan Maulana, saat ditemui dalam acara bimtek PPS di Rumah Makan Saung Empang, Jatiluhur Purwakarta, Sabtu (3/6/2018).

Ia mengatakan, Calon KPPS yang terindikasi anggota partai namun tidak merasa, KPU meminta surat secara tertulis dari partai politik bersangkutan yang ditanda tangan diatas materai.

“Kalau terbukti sebagai anggota Partai politik maka yang bersangkutan harus mengundurkan diri dan digantikan dengan anggota baru, tegas dia.

Meski KPU tidak menjelaskan secara rinci, namun menurut data KPU calon anggota KPPS yang terindikasi anggota partai politik telah bertambah, mengingat penyisiran Panwaslu di tiga Kecamatan yang tersisa telah selesai disisir.

“Iya bertambah dan semuanya tergantung Panwaslu, kita ikuti saja aturan yang berlaku,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, 244 calon itu diperoleh Panwas dari ribuan nama pendaftar KPPS di 14 Kecamatan di Purwakarta yang telah berhasil disisir Panwas melalui aplikasi Sispol dan silon.

Sejak sepekan terakhir KPU Kabupaten Purwakarta melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa sedang melakukan rekrutmen anggota KPPS yang akan bertugas di tiap TPS pada 27 Juni mendatang.

“KPPS ini perannya sangat strategis. Sebab mereka yang bertugas melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, pada 27 Juni nanti,” ujar ketua Panwaslu Purwakarta Oyang Este Binos.(rep.Reina)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Panwascam Bojong Pastikan Lakukan Pengawasan Secara Benar

2 April 2024 - 04:45 WIB

Belasan Anggota DPRD Ajukan Hak Interpelasi Terhadap Penjabat Bupati Purwakarta

28 Maret 2024 - 14:57 WIB

Belasan PAC PDIP Goyang Kandang Banteng Purwakarta

20 Maret 2024 - 18:57 WIB

Buka Pendaftaran Balon Bupati, DPC PKB Purwakarta Bentuk Desk Pilkada

18 Maret 2024 - 01:35 WIB

Irwan Siap Maju Pada Pemilihan Bupati Purwakarta

13 Maret 2024 - 21:19 WIB

Ada 3 TPS di Desa Sukatani Purwakarta Terancam PSU, Ini Alasannya

27 Februari 2024 - 13:47 WIB

Trending di Politik