Ekonomi

5 Kerja Sampingan 2019 dengan Omzet Puluhan Juta Perbulan, Kamu Bisa Coba!

ilustrasi

Hari gini cari kerja sampingan sebenarnya gampang, lho! Selain cukup mudah, ada beragam pilihan pekerjaan yang bisa kamu coba. Pasalnya, media untuk memasarkan “jualan” kamu kini makin banyak pula.

Gak ada alasan lagi buat gak punya penghasilan tambahan. Asalkan mau kreatif dan menggunakan keahlian, kamu bisa kok mendulang uang dari kerja sampingan. Bahkan, ada yang bisa mencapai omzet puluhan juta rupiah per bulan!

Apa aja contoh kerja sampingan kekinian yang bakal laris manis di tahun 2019? Simak daftar berikut:

1.Selebriti Internet

Ini dia salah satu profesi paling dielukan beberapa tahun belakangan. Baik sebagai kerja sampingan, bahkan jadi pekerjaan utama. Bahkan, gak jarang, selebriti internet ini meraup puluhan hingga ratusan juga per bulan.

Selebiri di internet bisa jadi blogger dan selebriti Twitter alias selebtwit. Yang paling anyar adalah, selebriti Instagram dan YouTuber.

Gak cuma jago bikin foto yang ciamik atau video yang keren, selebriti Internet ini punya faktor X. Yap! Misalnya, mereka bisa mengunggah konten yang sesuai momentum. Atau, mereka bisa bikin konten yang selalu disukai oleh masyarakat.

2. Video Editor

Gak lengkap rasanya bila gak menyebut video editor bila ada fotografer. Profesi ini juga bisa kamu jadikan kerja sampingan, dan bahkan pekerjaan utama. Kedua-duanya juga boleh dong!

Dengan permintaan tinggi terhadap konten video saat ini, jasa video editor pun selalu dicari. Hampir sama dengan profesi seperti fotografer dan penulis artikel, portofoliomerupakan senjata ampuh.

Kamu bisa mulai bangun portofolio kamu di laman seperti YouTube. Dari situ, kamu bisa kerja sama dengan YouTuber atau perusahaan tertentu.

Gak cuma itu aja, permintaan terhadap video wedding juga kini makin ramai. Gak ada salahnya kamu kerja sama dengan fotografer lainnya. Bahkan, kalian bisa bikin agencyfotografi dan videografi kalian sendiri sebagai kerja sampingan.

3. Penulis Artikel

Bisa dibilang, kerja sampingan sebagai penulis artikel merupakan salah satu pekerjaan yang paling laris manis.

Pasalnya, dunia digital yang sedang berkembang pesat membuat permintaan konten semakin tinggi. Gak heran kalau penulis artikel pun dicari-cari.

Apalagi, kalau kamu emang punya basic di bidang menulis, segera manfaatkan! Misalkan kamu emang bekerja sebagai content writer atau penulis buat website tertentu, kamu bisa tawarkan jasa kepada individu atau perusahaan lain. Caranya?

Ada beberapa channel yang bisa kamu gunakan. Yang pertama, menggunakan blog kamu sendiri. Jadi, kamu bisa perkenalkan diri sebagai blogger di ranah online biar orang lain percaya sama kamu.

Selain blog, kamu pun bisa daftar ke situs jejaring sosial buat karier seperti LinkedIn. Di sana kamu bisa pajang semacam CV. Rajin-rajin juga buat bikin artikel di LinkedIn supaya orang mengenalmu.

Selain itu, kamu bisa jual jasa penulisan artikel melalui forum-forum misalnya Ads-id.comatau Kaskus, dan sebagainya. Yang pasti, kalau kamu mau keluar modal sedikit, kamu bisa bangun website kamu sendiri biar terlihat lebih profesional.

Masalah harga, kamu bisa tentukan sendiri harga per tulisan kamu. Harga per artikel biasanya berkisar Rp 50 ribu sampai ratusan ribu. Bikinlah satu artikel dihargai Rp 100 ribu. Dengan 30 artikel aja, kamu udah bisa dapat Rp 3 juta per bulan.

4. Konsultan Digital Marketing

Gak cuma jago nulis konten tetapi kamu jago di bidang content planning? Atau, kamu menguasai keahlian di bidang media sosial atau optimisasi mesin pencari?

Misalnya, SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), atau Facebook dan Instagram Ads.

Dengan kemampuan tersebut, kamu bisa cari kerja sampingan sebagai konsultan. Jadi, kamu gak harus terjun fulltime ke satu perusahaan lain. Dengan gitu, kamu bisa tetap bekerja di perusahaan sekarang. Dapat dobel deh!

Biasanya buat menjual jasa sebagai konsultan, kamu harus bangun reputasi terlebih dahulu. Hampir sama dengan penulis artikel, kamu bisa bangun reputasi lewat LinkedIn dan websitesendiri. Di situ, kamu bisa tampilkan portofolio kamu.

5. Fotograper

Profesi ini bisa dibilang gak ada matinya dari zaman ke zaman. Apalagi di zaman serbamedia sosial, fotografer pun makin dicari.

Kalau punya kemampuan fotografi yang mumpuni, kamu harus banget memanfaatkannya. Ada banyak cara yang bisa kamu jadikan sumber income sebagai fotografer.

Contoh, fotografer buat wedding atau acara tertentu di akhir pekan. Kamu juga bisa tawarkan diri atau kerja sama dengan selebriti Instagram.

Semuanya bisa kamu mulai dengan bangun portofolio hasil potret kamu dulu. Dengan adanya media sosial seperti Instagram, kini makin mudah buat seseorang memperkenalkan diri sebagai fotografer.

Sekadar diketahui, penghasilan fotografer itu mulai dari jutaan sampai puluhan juta per bulan. Apalagi kalau kamu bisa berhasil kayak Rio Wibowo, Nicoline Patricia Malina, dan lainnya yang sering kerja sama dengan artis. Duh, gak berseri kali ya!

Tertarik jadi salah satunya?

Hari gini yang terpenting jadilah kreatif. Ada banyak sumber income yang bisa kamu jadikan penghasilan tambahan. Yang terpenting, mau sediakan waktu dan eksekusi ide kreatif kamu tersebut.

Kerja sampingan gak harus yang “kaku” dengan melamar part-time ke perusahaan lain, tetapi bisa kamu ciptakan sendiri. Ya, kan?

Sumber: Smart Money 

Click to comment

Berita Populer

To Top