Politik

Panwaslu Purwakarta Paling Terdepan Putuskan Perkara Pelanggaran Pilkada

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Bila dibandingkan daerah lain, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purwakarta paling terdepan dalam memutuskan perkara pelanggaran Pilkada 2018. Karenannya Ketua Panwaslu Purwakarta, Oyang Este Binos mendorong agar penegakan hukum terpadu (Gakumdu) memiliki kesamaan persepsi.

“Bila dibandingkan dengan daerah lain Purwakarta selalu dalam posisi yang pertama memutuskan pada saat ada pelanggaran pemilu,” tutur Binos saat membuka Rapat Koordinasi Sentra Gakumdu Panwaslu Kecamatan se-Purwakarta di Hotel Grand Situ Buleud, Selasa (3/4/2018).

baca juga: Langgar Pilkada, 20 Kepala Desa di Purwakarta Mundur dari Struktur Partai Politik

Dia mencontohkan bagaimana Panwaslu Purwakarta dapat segera menyelesaikan perkara dan pelanggaran Pilkada soal bakal pasangan calon yang tidak lolos hingga kepala desa yang berswafoto dengan calon.

“Misalnya saat kasus sengketa Pilkada dan selfie beberapa kepala desa belum lama ini. Setelah Panwaslu Purwakarta memutuskan barulah daerah lain yang mengalami kasus serupa ikut memutuskan,” paparnya.

Karenanya penting sekali bagi Panwaslu Purwakarta untuk memiliki kesamaan persepsi dalam memutus perkara pelanggaran Pilkada. Kesamaan itu dimulai dari tingkat kecamatan hingga penegakan hukum terpadu di tingkat kabupaten.

“Tim di kecamatan dan kabupaten bisa lebih siap lagi, mengingat kedepan ada potensi pelanggaran kampanye di momen hari besar seperti bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri,” pungkasnya.

Click to comment

Berita Populer

To Top