Menu

Mode Gelap

Purwakarta · 2 Nov 2019 18:30 WIB ·

Telat Buat LPJ, Dana Kelurahan se-Purwakarta Tahap II Batal Cair


 Telat Buat LPJ, Dana Kelurahan se-Purwakarta Tahap II Batal Cair Perbesar

Purwakarta Post – Karena terlambat dalam membuat laporan pertanggungjawaban (LPJ), dana kelurahan tahap II se-Kabupaten Purwakarta dipastikan batal cair. Camat Purwakarta memastikan sebanyak 9 kelurahan di Kecamatan Purwakarta tidak akan menerima dana kelurahan yang sedianya cair di bulan Oktober.

Camat Purwakarta, Juddy Herdiana mengatakan pembatalan pencairan dana kelurahan tahap II ini disebabkan keterlambatan dalam pelaporan LPJ tahap I. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 187 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyaluran Dana Alokasi Umum Tambahan Tahun Anggaran 2019 dana kelurahan tahap II dapat dicairkan bila Pemerintah Daerah dapat menunjukan realisasi laporan penggunaan dana tahap I.

“Tidak akan cair untuk tahap dua, karena keterlambatan pembuatan LPJ ke pusat. Ini semacam sanksi,” kata Juddy belum lama ini.

Menurutnya penyerahan laporan realisasi penggunaan dana kelurahan sendiri diharuskan pada akhir bulan September 2019, namun hingga oktober laporan realisasi dana kelurahan tahap I belum selesai dikerjakan oleh kelurahan.

Kasubid Perbendaharaan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Purwakarta, Muhamad Jajang mengklaim bahwa keterlambatan penyampaian laporan dana kelurahan karena merupakan program baru. Pasalnya selain Kabupaten Purwakarta menurutnya beberapa daerah lain juga mengalami keterlambatan penyampaian laporan dana kelurahan tahap I.

“Ini kan masih baru, jadi kita keteteran, hampir di setiap daerah serapan anggarannya tidak maksimal. Tentunya ini jadi bahan evaluasi kedepannya, karena beda dengan dana desa yang sudah berjalan lebih lama,” pungkasnya.

Meski demikian dana kelurahan untuk 9 kelurahan di Purwakarta akan kembali cair pada tahun 2020 untuk tahap I dan II. Mekanismenya melalui pengajuan lalu pemerintah pusat akan mencairkan dana kelurahan tahap I dan II.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

KPU Purwakarta Segera Buka Rekrutmen PPK dan PPS

18 April 2024 - 15:37 WIB

Cikao Park Purwakarta Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran, Pengelola Tingkatkan Keamanan

13 April 2024 - 16:39 WIB

GM PLN Jabar Lakukan Inspeksi, Pastikan SPKLU Siap Layani Pemudik

9 April 2024 - 23:50 WIB

PLN Purwakarta Bersama Jasa Marga Cek SPKLU di Rest Area Tol Cipularang

9 April 2024 - 16:19 WIB

PLN UP3 Purwakarta Gelar Apel Siaga Kelistrikan Untuk Memastikan Kehandalam Listrik Selama Lebaran

7 April 2024 - 20:34 WIB

Jasa Tirta II Pastikan Tampungan Bendungan Ir. H. Djuanda Dalam Batas Aman Jelang Lebaran

7 April 2024 - 20:10 WIB

Trending di Purwakarta