Menu

Mode Gelap

Purwakarta · 2 Sep 2018 15:38 WIB ·

Blangko e-KTP Di Purwakarta Masih kosong


 Blangko e-KTP Di Purwakarta Masih kosong Perbesar

PURWAKARTAPOST.CO.ID – Akibat blangko e-KTP kosong, ribuan warga di Purwakarta terpaksa menggunakan surat keterangan (suket) untuk aktivitas sehari-harinya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta, Sulaiman Wilman mengatakan Kekurangan ini akumulasi kekurangan mulai dari pemohon baru, pengganti e-KTP yang hilang dan rusak serta perubahan data.

“Ada sekitar 51 ribu orang yang menggunakan suket, jumlah itu merupakan akumulasi dari tahun ke tahun. Mereka mayoritas pemohon perubahan data, bukan pemohon baru,” ujar Sulaiman saat di temui oleh awak media, Minggu (2/9/2018).

Mengetahui hal itu, pihaknya telah mengajukan kekurangan blangko e-KTP ini ke Kemendagri, namun hingga saat ini tak kunjung turun.

Kekosongan di tingkat pusat ini terjadi karena nilai tukar rupiah terhadap dolar merosot. Sehingga pemenang tender fisik e-KTP mengurungkan pembuatannya karena akan mengalami kerugian.

“Informasi dari pusat, ini karena pemenang tender menolak meneruskan kerja samanya di saat nilai tukar rupiah terhadap dolar menurun”, ungkap dia.

Untuk meminimalisir kekurangan e-KTP, pihaknya meminjam ke daerah lain seperti ke Disdukcapil Kabupaten Karawang. Namun, jatah pinjaman hanya di batasi sebanyak 2.000 eksemplar.

“Selain diberikan suket, kami memberikan solusi dengan meminjam ke daerah lain. Namun jatah pinjaman tidak sebanding dengan kekurangan,” jelas Sulaiman

Padahal, dalam sehari instansinya paling minimal mencetak e-KTP sebanyak 500 eksemplar. Pencetakan 500 eksemplar itu, jika dibagi dengan luas wilayah, ada 192 desa dan kelurahan, maka asumsinya satu desa yang bisa dicetak e-KTP hanya lima eksemplar.

Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

19 April 2024 - 15:32 WIB

KPU Purwakarta Segera Buka Rekrutmen PPK dan PPS

18 April 2024 - 15:37 WIB

Cikao Park Purwakarta Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran, Pengelola Tingkatkan Keamanan

13 April 2024 - 16:39 WIB

GM PLN Jabar Lakukan Inspeksi, Pastikan SPKLU Siap Layani Pemudik

9 April 2024 - 23:50 WIB

PLN Purwakarta Bersama Jasa Marga Cek SPKLU di Rest Area Tol Cipularang

9 April 2024 - 16:19 WIB

PLN UP3 Purwakarta Gelar Apel Siaga Kelistrikan Untuk Memastikan Kehandalam Listrik Selama Lebaran

7 April 2024 - 20:34 WIB

Trending di Purwakarta