Ekonomi

Dermawan, Mark Zuckerberg Sumbangkan 99 Persen Saham Miliknya

foto: business insiders

MARK ZUCKERBERG selaku Chief Executive Officer atau pendiri media sosial Facebook menyumbangkan 99% sahamnya di jejaring sosial Facebook miliknya saat kelahiran putri pertamanya, Max. Meski hampir seluruh sahamnya disumbangka Mark masih tetap memiliki kekayaan.

 

Melalui situs USA Today, Mark diperhitungkan memiliki kekayaan sampai $45 miliar. Seluruhnya merupakan berasal dari Facebook. Sahamnya akan disumbangkan bertahap. Jika dihitung-hitung setelah 99 persen sahamnya disumbangkan Mark tinggal memiliki 1% saja dari Facebook sebesar $453 juta atau setara dengan Rp6,3 triliun. Sisa sahamnya masih cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga kecil bersama putri pertamanya.

 

“Sisa 1% saham itu lebih besar dari saham kepunyaan semua CEO di perusahaan S&P 500. Hanya 24 CEO yang sahamnya lebih besar,” dari informasi USA Today pada November 2015.

 

Menurutnya melalui sumbangan itu ratusan juta orang miskin dapat diangkat kesejahteraannya. Ratusan juta anak juga mendapatkan pendidikan dan menyelamatkan jutaan orang dari penyakitnya. Program sosial Mark tentunya dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin di seluruh dunia. Sehingga tidak salah bila program sosialnya menjadi sumbangan terbesar sepanjang sejarah.

 

Melalui Chan Zuckerberg Initiative, Mark lebih efektif dalam menyumbangkan misi sosialnya tersebut.

 

“Dengan menggunakan LLC ketimbang yayasan, kami tidak menerima keuntungan pajak dari mengalihkan saham kami,” ungkap Mark.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top