Ekonomi

Padil Karsoma Kurban 50 Ekor Domba dan 5 Sapi

Sekda Purwakarta, Padil Karsoma (memakai peci hitam) turut menyaksikan pemotongan daging kurban usai solat Idul Adha, Jumat (1/9/2017)

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Puluhan ekor domba dibeli langsung dari peternak di Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta.

Tahun ini Sekretaris Daerah Purwakarta, Padil Karsoma menyerahkan hewan kurban sebanyak 50 ekor domba dan lima ekor sapi. Seluruhnya bersumber dari kelompok ternak domba yang ada di Purwakarta.

“Ada dua kelompok sasaran yang dijadikan subjek pemberdayaan dalam momentum Idul Adha ini, yaitu peternak lokal yang ada di Purwakarta dan warga (mustahiq) yang jarang mendapatkan kesempatan mengkonsumsi daging,” ujar Padil Karsoma usai Sholat Ied di Kampung Sodong Desa Sukamukti Kecamatan Maniis, Jumat (1/9/2017).

Padil yang belakangan resmi mendaftar maju di Pilkada 2018 berharap momentum Idul Qurban menjadi awal peningkatan pemberdayaan peternak lokal. Sehingga kedepan akan ada banyak kelompok peternak yang terberdayakan   secara ekonomi.

“Kita berharap, momentum kurban tak berhenti sekedar memotong hewan kurban dan selesai dengan membagikannya ke mustahiq, tapi bergulir menjadi program pemberdayaan peternak, khususnya di Kabupaten Purwakarta,” paparnya.

Selain ternak domba kedepan juga didorong agar Kabupaten Purwakarta dapat surplus sapi dan kerbau. Pasalnya selama ini pasokan sapi untuk kebutuhan konsumsi dan Idul Adha masih mengandalkan kiriman dari luar daerah seprti dari Jawa Tengah.

“Tinggal kita upayakan peningkatan jumlah peternak sapi. Kini, kita masih mendatangkan sapi dari daerah lain. Walaupun ada, namun jumlahnya belum bisa memenuhi konsumsi daging sapi di Purwakarta. Mendatang diharap muncul peternak-peternak sapi lokal,” pungkas Padil.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top