Ekonomi

Tips Beli Barang Murah dari Cina lewat Aliexpress tanpa Kena Pajak

tampilan mobil ecommerce aliexpress

PURWAKARTAPOST.CO.ID-Terkadang saat akan membeli barang konsumen harus pintar memilah dan memilih agar mendapatkan produk yang berkualitas tapi dengan harga pas. Ada banyak ecommerce tanah air yang bisa dipilih, tapi untuk mencari produk murah luar negeri ada baiknya mencoba di aliexpress.

Pada umumnya membeli produk impor konsumen bingung harus kemana. Pasalnya selain mahal juga ada aturan produk impor yang kena pajak. Karena kena pajak maka harus membayar lebih biaya produk plus pengurusan pajak bea cukai.

Meski demikian buat kamu yang tetap ingin berbelanja di ecommerce luar negeri khsusunya Cina berikut ini tips agar kamu dapat barang murah tanpa dikenai pajak.

Dari banyak ecommerce di luar negeri sana, paling disarankan mencoba Aliexpress, selain murah, produk yang dijual di Aliexpress pun rata-rata free shipping atau gratis ongkos kirim.

1. Beli Produk Impor Tanpa Kartu Kredit
Saat ini ada banyak jenis pembayaran yang bisa dilakukan di situs ecommerce Aliexpress. Mulai dari kartu kredit, Paypal, Doku Wallet, Webmoney dan masih banyak lagi, tapi buat kamu yang tidak punya kartu kredit coba gunakan Doku Wallet.

Aliexpress sendiri dapat menerima pembayaran lewat Doku Wallet. Dan untungnya Doku Wallet dapat diisi deposit via transfer bank lokal. Caranya, daftar terlebih dahulu di Doku Wallet, lakukan konfirmasi dan kemudian isi deposit akunmu dengan transfer bank.

Setelah akun Doku mu sudah terisi selanjutnya kamu tinggal pilih barang di Aliexpress dan gunakan pembayaran lewat Doku Wallet.

2. Belanja Aliexpress di bawah $100
Jika dirupiahkan sekitar Rp1.380.000. Pembelian produk dari luar negeri biasanya akan dikenai pajak bea cukai yaitu pajak impor dan bea cukai barang. Agar tidak kena pajak sebainya beli produk di bawah $100. Atau kalaupun mau tetap beli di atas $100 bisa minta suplier atau seller di Aliexpressnya untuk menerbitkan invoice di bawah $100.

Meski demikian akhir tahun lalu Menteri Keuangan merevisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.188/2010 tentang Impor Barang yang Dibawa Penumpang dengan PMK 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut. Lewat PMK ini batas maksimum impor barang yang dikenai bea cukai adalah $500 dengan berdasarkan tarif tunggal 10 %. Lewat PMK ini juga barang yang dikenai bea cukai tidak lagi per-barang melainkan per $500.

Tapi agar lebih aman dan tidak kena pajak sebaiknya beli dulu produk impor di bawah $100 atau di bawah $500 dan teliti berapa pajaknya.

3. Gratis Ongkos Kirim
Ada banyak produk di Aliexpress sebetulnya yang free shiping atau gratis ongkos kirim. Tapi agar lebih aman saat masuk ke Indonesia pilih pengiriman produk yang reguler saja. Tujuannya seperti awal agar tidak kena pajak tadi.

Loading...
Click to comment

Berita Populer

To Top